Perbandingan Hasil UN Dua Tahun Terakhir, Ini Penjelasan Aloysius Min

Perbandingan hasil Ujian Nasional ( UN) untuk sekolah-sekolah di NTT mengalami kemajuan.

Perbandingan Hasil UN Dua Tahun Terakhir, Ini Penjelasan Aloysius Min
POS-KUPANG.COM/Ambuga Lamawuran
Aloysius Min 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Perbandingan hasil Ujian Nasional ( UN) untuk sekolah-sekolah di NTT mengalami kemajuan.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Aloysius Min, sewaktu dimintai keterangan tentang hasil UN dua tahun belakangan. "Ada kemajuan. Ini kita lihat di datanya," katanya, Rabu (27/3/2019).

Pada tahun 2017, katanya, akumulasi nilai rata-rata dari tiga mata pelajaran untuk SMK yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika, adalah 42,25. Pada tahun 2018, rata-rata itu bertambah menjadi 42,27.

Seorang Komedian Berpeluang Menangi Pemilihan Presiden Ukraina

"Selisih poinnya tidak terlalu besar. Relatif stabil. Tapi sebenarnya, stabil ini menunjukkan ada kemajuan. Karena ada kenaikan tingkat kesukaran soal sebesar 10 persen. Sebelumnya tidak ada 10 persen soal host. Tahun 2018 ada 10 persen soal host. Ini adalah soal-soal yang menggunakan penalaran. Jadi menurut saya ada peningkatan," katanya.

BREAKING NEWS: Nakhoda Minta Bantuan 13 Dukun Cari Andi Faisal yang Hilang Secara Misterius

Di SMA, katanya, secara angka rata-rata ada penurunan. "Tahun lalu (2017) angka rata-rata 45,51. Tahun 2018 jadi 42,34. Dari sini kita sudah bisa tahu. Memang turun dari segi rata-rata. Kalau kita lihat tingkat kesukaran soal, maka ini sebenarnya stabil. Karena di seluruh Indonesia mengalami hal sama," katanya.

Tahun ini, tingkat kesukaran soal ditambahkan 20 persen. "Karena itu kita berharap soal-soal penalaran bisa lebih banyak diajarkan dan perlu dipersiapkan di sekolah-sekolah. Kita tentu berharap agar persentase tahun ini makin baik," ungkapnya. ( Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ambuga Lamawuran)

Penulis: Lamawuran
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved