Kodim 1618 TTU Beri Penyuluhan Hukum Bagi Masyarakat di Lokasi TMMD

Anggota Kodim 1618 TTU beri Penyuluhan hukum bagi masyarakat di lokasi TMMD

Kodim 1618 TTU Beri Penyuluhan Hukum Bagi Masyarakat di Lokasi TMMD
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Kasat Reskrim Polres TTU, Iptu Ricky Dally saat sedang memberikan penyuluhan hukum di Aula Kantor Desa Noepesu, Rabu (20/3/2019). 

Anggota Kodim 1618 TTU beri Penyuluhan hukum bagi masyarakat di lokasi TMMD

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Kodim 1618 TTU kembali memberikan penyuluhan di lokasi TNI Menunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di Desa Noepesu. Kali ini, penyuluhan tentang hukum.

Penyuluhan hukum tersebut langsung dibawakan oleh Kepala Satuan Reskrim Polres Kabupaten TTU, Iptu Ricky Dally, S.H di Aula Kantor Desa Noepesu, Rabu (20/3/2019).

Petani Bawang Ditangkap Terkait Kasus Penganiayaan

Iptu Ricky dalam materinya membawakan tentang kewenangan dan tugas Polri berkaitan dengan sistem penanganan anak korban perdagangan orang (trafficking).

Ricky mengatakan, saat ini kasus perdagangan manusia marak dan menjadi perhatian dunia sehingga negara harus serius menanggapi masalah tersebut.

Curi Kabel Listrik, Tiga Pria Diserahkan ke Kejaksaan Negeri Lembata

"Selain itu, bukan hanya menghadapi masalah nasional tetapi juga akan mendapat sanksi internasional seperti black list, dikecam, citra buruk, dikucilkan dan emabargo/bantuan keuangan dipersulit," ungkapnya.

Dijelaskannya, sesuai hasil penilaian pemerintah Amerika Serikat pada akhir tahun 2003 lalu, Indonesia termasuk negara yang sama sekali tidak memenuhi standar dalam upaya perangi perdagangan manusia.

"Hal itu ditandai dengan ciri-ciri belum ada usaha yang signifikan untuk memberantasnya. Kemudian hukumannya sangat lemah dan minimnya perlindungan untuk Korban," terangnya.

Selain memaparkan materi itu, Iptu Ricky juga memaparkan tentang masalah kekerasan dalam rumah tangga yang dilihat hampir terjadi di setiap rumah tangga.

Iptu Ricky meminta agar seluruh rumah tangga dapat menghindari tindakan KDRT. Lanjutnya, apabila dirinya menerima laporan tentang masalah KDTT maka dirinya akan melakukan penahanan.

"Saya akan bina dia sampai bertaubat, saya paling anti dengan kasus KDRT. Jangan pernah suami memukul lsteri atau anak dalam keadaan mabuk, saya paling tidak suka hal tersebut," tegasnya.

Selain itu Iptu Ricky mengimbau, kepada orang tua yang memiliki anak perempuan harapkan agar dijaga baik-baik untuk menghindari pergaulan bebas yang dapat merusak masa depan anak. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved