Selamat Bertugas Bupati Perempuan Pertama, Ny. Paulina Haning Bullu

Selamat Bertugas Ny. Paulina Haning-Bullu, Bupati Perempuan Pertama di Rote Ndao dan NTT. Semoga Sukses

Selamat Bertugas Bupati Perempuan Pertama, Ny. Paulina Haning Bullu
POS-KUPANG.COM/Ambuga Lamawuran
Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu foto bersama wakilnya Stefanus Saek, Kamis (14/2/2019). Paulina Haning-Bullu merupakan bupati perempuan pertama di Rote Ndao dan Provinsi NTT. 

Selamat Bertugas Ny. Paulina Haning-Bullu, Bupati Perempuan Pertama di Rote Ndao dan NTT. Semoga Sukses

POS-KUPANG.COM - Provinsi NTT kembali menorehkan sejarah penting lewat pelantikan tujuh kepala daerah oleh Gubernur NTT, Viktor  Laiskodat, Kamis (14/2/2019).

Mereka yang dilantik adalah Bupati dan Wakil Bupati Timor Tengah Selatan (TTS),  Epy Tahun dan Army Konay; Bupati dan Wakil Bupati Manggarai  Timur, Agas Andreas dan Jaghur Stefanus; Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke; Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu dan Stefanus Saek.

Yang cukup menarik perhatian dari pelantikan ini adalah Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu yang merupakan satu-satunya perempuan. Istri dari mantan Bupati Rote Ndao, Lens Haning, ini mencatat sejarah sebagai perempuan pertama yang menjadi kepala daerah di Rote Ndao, bahkan di Provinsi NTT.

Menyadari cara pandang masyarakat NTT yang belum sepenuhnya yakin akan kemampuan kaum perempuan, Paulina tentu mendapat tantangan yang tidak kecil. Tetapi melalui proses yang berlaku dalam sebuah pemilihan kepala daerah (bupati), Paulina sudah membuktikan bahwa dia bisa bersaing dengan kaum laki-laki bahkan bisa mengalahkannya.

Regulasi mengenai pemilihan kepala daerah di Indonesia memang tidak membeda-bedakan kaum perempuan dari kaum laki-laki. Sebagaimana laki-laki berhak untuk menjadi kepala daerah, demikian pula kaum perempuan, asalkan memenuhi kententuan-ketentuan yang disyaratkan undang-undang Pilkada.

Masyarakat Kabupaten Rote Ndao pun membuktikan kalau mereka sudah berpikiran maju, mewujudkan demokrasi yang tidak mendiskriminasi kaum perempuan. Sebaliknya, ketika kaum perempuan dinilai memenuhi syarat dan mampu memimpin, mereka tidak segan-segan memilihnya dalam sebuah pilkada yang demokratis.

Kita patut menyampaikan profisiat atas pencapaian Ny. Paulina Haning-Bullu dan masyarakat kabupaten Rote Ndao ini.  Apa yang dicapai masyarakat kabupaten terselatan Indonesia ini kiranya menjadi inspirasi dan tantangan bagi masyarakat NTT lainnya. Kapan daerah-daerah lain bisa memunculkan kepala daerah perempuan? Kita tunggu pada pilkada-pilkada mendatang.

Namun, harus disadari, ini baru langkah awal. Langkah berikutnya yang justru jauh lebih penting adalah pembuktian kepemimpinan Ny. Paulina Haning-Bullu sebagai Bupati Rote Ndao. Tentu tidak cukup dengan menyandang jabatan bupati, tetapi bagaimana jabatan itu didayagunakan untuk memimpin masyarakat Rote Ndao agar tidak lagi terbenam dalam lumpur kemiskinan. Seorang pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang mampu membawa masyarakat kepada kesejahteraan lahir-batin.

Kita yakin Ny. Paulina mampu mengemban tugas tersebut karena kapasitasnya. Kiranya pengalaman mendampingi sang suami, Lens Haning yang menjadi Bupati Rote Ndao selama dua periode (10 tahun), sebagai Ketua PKK dan Dekranasda, menjadi guru yang terbaik.

Kini, di saat Ny. Paulina menjadi bupati, sang suami Lens Haning pun tetap mendampingi dengan mengemban tugas sebagai Ketua PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Rote Ndao. Tentu pengalamannya menjadi bupati Rote Ndao selama dua periode menjadi guru utama, selain berkolaborasi dengan Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus Saek, dan mendengar aspirasi masyarakat Rote Ndao, baik secara langsung maupun melalui wakil rakyat di DPRD Rote Ndao.

Mengawali kepempinan Ny. Paulina, kita mengajak masyarakat Rote Ndao bersatu padu mendukung kepempinannya selama 5 tahun ke depan sehingga impian masyarakat sejahtera bisa terwujud. Selamat bertugas bupati perempuan pertama di NTT. Semoga sukses.*

(pos-kupang.com/agustinus sape)

Penulis: Agustinus Sape
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved