BREAKING NEWS: Badan Jalan Penghubung Desa Kuatae dan Kelurahan Cendana Amblas Akibat Longsor

Badan Jalan yang menghubungkan antara Desa Kuatae dan Kelurahan Cendana, Kecamatan Kota SoE amblas akibat Longsor yang dipicu hujan deras

BREAKING NEWS: Badan Jalan Penghubung Desa Kuatae dan Kelurahan Cendana Amblas Akibat Longsor
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Badan jalan yang menghubungkan Desa kuatae dan kelurahan cendana amblas akibat longsor 

POS-KUPANG.COM | SOE - Badan Jalan yang menghubungkan antara Desa Kuatae dan Kelurahan Cendana, Kecamatan Kota SoE amblas akibat Longsor yang dipicu hujan deras pada pekan kemarin.

Lebar badan jalan yang amblas sekitar 2,5 meter dengan panjang sekitar 8 meter. Sebagian barang jalan yang tersisa saat ini dalam posisi tergantung karena material tanah di bawahnya telah hilang akibat longsor.

Martha Tanono, warga Kelurahan Cendana yang ditemui POS-KUPANG.COM, Sabtu (2/2/2019) sore menceritakan, longsoran badan jalan tersebut terjadi pada Rabu (30/1/2019) kemarin.

Renungan Harian Kristen Protestan: Kita Harus Berani Melawan Kejahatan, Tradisi dan Kebiasaan Buruk

Kejadian ini dipicur hujan deras yang menguyur Kabupaten TTS. Derasnya hujan yang turun menyebabkan volume air kali yang melintasi ruas jalan tersebut menjadi meningkat.

Dalam seketika, derasnya air yang mengalir memicu terjadinya longsor yang menyebabkan badan jalan yang terbuat dari campuran cor tersebut amblas.

Saat Bicara Kasus Hoaks, Jokowi Acungkan Jempol untuk Ratna Sarumpaet, Ini Alasannya

"Kejadian longsor ini cepat sekali. Tiba-tiba saja badan jalan jatuh ke bawah karena tanah bawahnya sudah longsor terkikis alira air," ungkap Marthen.

Akibat amblasnya badan jalan tersebut, lanjut Martha, ruas jalan tersebut sempat putus total. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintasi ruas jalan tersebut. Warga terpaksa harus memutar melalui kampung aman sejauh kurang leih 1 Km.

Ruas jalan ini baru bisa kembali dilewati setelah BPBD Kabupaten TTS dan Dinas PU Kabupaten TTS membuat jalan alternatif tepat di bagian kiri ruas jalan yang putus tersebut.

"Hari Kamis itu Pak Wakil Bupati TTS terpilih, Army Konay sempat datang melihat lokasi longsor ini. Saat itu, petugas BPBD Kabupaten TTS dan Dinas PU Kabupaten TTS sedang melakukan pembukaan akses jalan alternatif. Dan jalan tersebut sudah selesai dikerjakan sehingga motor sudah mulai melintasi ruang jalan ini," ujarnya.

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten TTS, Ady Tallo mengatakan, seusai mendapatkan laporan dari pemerintah Kelurahan Cendana, pihaknya langsung mengerahkan alat berat ke lokasi guna membuka akses jalan alternatif. Dia membenarkan jika Wakil Bupati TTS Terpilih, Army Konay sempat turun ke lokasi guna memantau pekerjaan penanganan darurat di lokasi tersebut.

"Kita sudah buka akses jalan alternatif sehingga warga Desa Kuatae dan Kelurahan Cendana bisa tetap melintasi daerah tersebut. Kita tetap menghimbau masyarakat tetap waspada saat melintasi jalan alternatif tersebut ketika hujan deras," pintanya.

Pantauan POS-KUPANG.COM, badan jalan yang amblas dibangun dengan menggunakan campuran cor dan dibentuk sebagai pelimpas karena adanya aliran kali juga melintasi ruas jalan tersebut.

Ruas badan jalan yang amblas selebar sekitar 2,5 meter dengan panjang sekitar 8 meter. puing-puing badan jalan yang amblas masih berserakan di dasar kali sedalam sekitar 5 meter. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved