Peternak Ayam Baumata Dapat Pelatihan dan Bimbingan Teknis

Sebanyak 30 orang peternak di Desa Baumata Utara mendapat pelatihan tentang pemeliharaan ayam.

Peternak Ayam Baumata Dapat Pelatihan dan Bimbingan Teknis
Istimewa
Para peternak ayam di Desa Baumata Timur pose bersama pemateri setelah pelatihan dan bimbingan teknis beberapa waktu lalu. 

POS-KUPANG.COM, KUPANG -Peternak ayam banyak dijumpai di Desa Baumata Utara, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang. Namun cara pemeliharaan yang dilakukan pada umumnya masih secara tradisional.

Karena itu, perlu diberikan bantuan, penyuluhan dan bimbingan teknik untuk meningkatkan motivasi kearah usaha yang bernilai ekonomis sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pendapatan keluarga peternak.

Untuk itu, sebanyak 30 orang peternak di Desa Baumata Utara mendapat pelatihan tentang pemeliharaan ayam. Pelatihan meliputi berbagai aspek manejemen pemeliharaan ayam, mulai dari perkandangan, pemberian pakan, pencegahan penyakit, penetasan, sampai dengan pengolahan produk daging ayam.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk pemberdayaan masyarakat peternak ayam di Desa Baumata Utara melalui peningkatan ketrampilan dan produktivitas usaha peternakan ayam. Diharapkan, pelatihan dan bimbingan teknis dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, serta dapat menjadi peternak yang mandiri.

"Antusiasme peserta untuk mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. Kegiatan ini sudah kami lakukan pekan lalu," jelas coordinator proyek dari kegiatan ini, NGA Mulyantini dalam rilisnya yang diterima beberapa waktu lalu.

Mulyantini, alumnus University of Queensland Australia yang sekarang adalah dosen di Fakultas Peternakan, Universitas Nusa Cendana Kupang ini mengatakan, kegiatan merupakan salah satu proyek yang didanai pemerintah Australia melalui skema dana hibah Alumni Australia (Australia Alumni Grant Scheme). Proyek ini, ujarnya, dikelola oleh Australia Awards di Indonesia.

"Dengan adanya kegiatan ini, peternak lebih bersemangat, dan termotivasi untuk mengembangkan usahanya," ujarnya. **

Penulis: Sipri Seko
Editor: Sipri Seko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved