Berita Kabupaten Lembata Terkini

Pencuri 100 Gram Emas di Toko Omega Lama Lewoleba Dijebloskan ke Sel

Dua oknum pencuri 100 gram emas di Toko Omega Lama, yakni Enjel Aihua dan Fian Langkeru, telah dijebloskan ke sel Polres Lembata

Pencuri 100 Gram Emas di Toko Omega Lama Lewoleba Dijebloskan ke Sel
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Kasat Reskrim Polres Lembata, Iptu Yohanis Wila Mira 

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Dua oknum pencuri 100 gram emas di Toko Omega Lama, yakni Enjel Aihua dan Fian Langkeru, telah dijebloskan ke sel. Yang pria dikurung di sel Mapolres Lembata sedangkan yang perempuan dijebloskan ke balik jeruji besi Polsek Nubatukan di Lewoleba, Kabupaten Lembata, NTT, Minggu (6/1/2019).

Kapolres Lembata, AKBP Janes Simamora melalui Kasat Reskrim, Iptu Yohanis Wila Mira, mengungkapkan hal itu ketika dikonfirmasi Pos Kupang.Com di Lewoleba, melalui telepon selulernya, Senin (7/1/2019).

Dikatakannya, Enjel Aihua dan Fian Langkeru ditangkap dan diserahkan ke Polres Lembata pada Sabtu (6/1/2019) sekitar pukul 15.00 Wita. Penyerahan kedua oknum pelaku itu setelah mereka diringkus anggota TNI di Pasar Wairiang, Desa Umaleu, Kecamatan Buyasuri, beberapa jam sebelumnya.

THL di Nagekeo Sudah Putus Kontrak Kerja

Setelah kedua oknum itu berada di Polres Lembata, mereka lantas diperiksa oleh penyidik. Dalam pemeriksaan itulah baik Enjel maupun Fian mengakui perbuatannya. Enjel mengungkapkan secara terus terang bahwa dirinya yang mengambil 100 gram perhiasan emas dari dalam lemari pakaian milik majikannya, Veronika Intania.

Pengambilan perhiasan emas berupa anting, kalung, cincin, jam tangan, seprei dan barang lainnya itu, dilakukan dua kali. Pertama pada Minggu (30/12/2018) dan aksi kedua dilakukan pada Rabu (2/1/2019). Barang bukti berupa seprei kini telah diamankan penyidik. Sedangkan perhiasan emas saat ini tak diketahui rimbanya.

Dilapor Pemuda Advent ke Polda NTT, Begini Tanggapan Prof. Yusuf Leonard Henuk

Meski perhiasan emas 100 gram itu belum ditemukan, namun polisi telah menetapkan Enjel dan Fian Langkeru sebagai tersangka. Enjel sebagai tersangka pencurian dan Fian selain turut terlibat dalam kasus tersebut, yang bersangkutan juga pernah melakukan tindak pidana sehingga masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Lembata.

Kedua oknum tersebut, katanya, dijebloskan ke sel untuk jangka waktu 20 hari ke depan terhitung Minggu (6/1/2019). Keduanya ditahan untuk memudahkan penyidik melakukan pemeriksaan atas kasus pencurian yang dilakukan di Toko Omega Lama, Lewoleba.

Diperoleh informasi bahwa aksi pencurian itu merupakan salah satu modus pencurian di Lewoleba. Oknum pelaku berpura-pura mencari kerja sebagai pelayan toko dan setelah diterima, oknum tersebut melancarkan aksinya dengan mengambil barang-barang dari dalam toko tersebut.

Untuk memuluskan aksinya, Enjel menghubungi Fian pacarnya untuk mengambil barang curian dari toko tersebut. Barang-barang itu selanjutnya disembunyikan di kos.

Aksi pencurian seperti ini merupakan kasus kedua di Lewoleba. Kasus pertama menimpa Toko Eltian pada pertengahan tahun 2018 lalu. Saat itu oknum pelayan di toko itu menggasak barang-barang elektronik dan lainnya dari dalam toko tersebut. Akibat dari kasus itu, pemilik toko mengalami kerugian puluhan juta rupiah. (Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin}

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved