Berita Nasional Terkini

Hidayat: Tanpa Didukung PKS, PAN, Demokrat, Gerindra Bisa Mencalonkan Sendiri?

Kalau tanpa didukung oleh PKS, PAN, Demokrat, memang Gerindra bisa mencalonkan sendiri?

Hidayat: Tanpa Didukung PKS, PAN, Demokrat, Gerindra Bisa Mencalonkan Sendiri?
KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO
Wakil Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hidayat Nur Wahid, saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/12/2018). 

Kalau tanpa didukung oleh PKS, PAN, Demokrat, memang Gerindra bisa mencalonkan sendiri?

POS-KUPANG.COM | JAKARTA -  Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Hidayat Nur Wahid mengatakan, sejatinya partai pendukung calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sudah memberikan sumbangan besar.

Sumbangan tersebut bukan dalam bentuk dana kampanye. "Pada faktanya, partai pendukung Prabowo-Sandi sudah memberikan bantuan yang sangat dahsyat. Apa itu? Kami merekomendasikan atau mencalonkan mereka sebagai calon presiden dan wakil presiden," ujar Hidayat di kompleks parlemen, Rabu (2/1/2019).

Pernyataannya ini menanggapi pemberitaan soal PKS, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang belum memberikan sumbangan dana kampanye untuk pasangan Prabowo-Sandiaga.

Hidayat Nur Wahid: Tidak Ada Aturan Partai Koalisi Harus Sumbang Dana Kampamye

"Kalau tanpa didukung oleh PKS, PAN, Demokrat, memang Gerindra bisa mencalonkan sendiri? Enggak bisa kan," lanjut Hidayat.

Selain itu, kata Hidayat, PKS juga sudah memberikan sumbangan dalam bentuk lain di luar dana kampanye. Misalnya, dengan pemasangan alat peraga kampanye (APK) para caleg PKS. Kegiatan sosialisasi para caleg juga sekaligus jadi ajang mengampanyekan visi dan misi Prabowo-Sandiaga.

Satu Keluarga Tercebur ke Sungai Saat Swafoto, Ayah dan Dua Anak Tewas

"Itu enggak pernah dibiayai Prabowo-Sandiaga. Itu semua kalau dihargai, bisa berapa?" kata Hidayat.

Sebelumnya, pada Senin (31/12/2018), Sandiaga membeberkan laporan baru mengenai dana kampanye mereka. Dana yang terkumpul sudah mencapai Rp 54 miliar.

Dari angka itu, partai pendukung lain seperti Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, dan Partai Demokrat belum menyumbangkan dana.

Menurut Sandiaga, kemungkinan partai pendukungnya saat ini masih fokus pada pemenangan pemilihan legislatif.

"Karena mungkin fokus mereka adalah pileg. Dan fokus mereka di pileg tentunya sumber daya mereka fokuskan untuk pemenangan pileg mereka," kata Sandiaga.

Meski demikian, Sandiaga masih berbaik sangka kepada tiga partai pendukungnya. Ia mengatakan, PAN, PKS, dan Demokrat sudah berpartisipasi meskipun belum memberikan sumbangan dana kampanye.

Peran ketiga partai itu, kata Sandiaga, lewat pemasangan alat peraga kampanye (APK) di sejumlah daerah. (Kompas.com)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved