Berita Sumba Timur Terkini

Polres Sumba Timur Jaring Puluhan Kendaraan Roda Dua

Sebanyak 30 lebih kendaraan roda dua dan roda empat dan enam terjaring operasi rutin yang dilakukan oleh Satlantas Polres Sumba Timur

Polres Sumba Timur Jaring Puluhan Kendaraan Roda Dua
POS-KUPANG.COM/Robert Ropo
Kasat Lantas Polres Sumba Timur, Iptu Bery Nathaniel sedang menilang salah satu pengendara kendaran roda dua. 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Sebanyak 30 lebih kendaraan roda dua dan roda empat dan enam terjaring operasi rutin yang dilakukan oleh Satlantas Polres Sumba Timur di Jalan Dj. Panjaitan tepatnya di Pos Satlantas, Kelurahan Matawai, Kecamatan Kota Waingapu, Sabtu (15/12/2018) malam.

Kapolres Sumba Timur, AKBP Victor MT Silalahi, SH, MH melalui Kasat Lantas Polres Sumba Timur, Iptu Bery Nathaniel, SH kepada POS-KUPANG.COM, Sabtu (15/12/2018) mengatakan, dari jumlah kendaraan yang ditilang tersebut kendaraan roda dua sekitar 20 lebih, dan kendaraan roda empat sekitar 4 unit.

Untuk kendaraan roda empat pihak Satlantas masih menemukan dua kendaraan yang tidak menyalahkan lampuh utama, sementara sebagain besarnya ditemukan tidak melengkapi dokumen kendaraan.

Tanggapan Fraksi PDIP DPRD NTT Terhadap Target Besar yang Diimpikan Gubernur dan Wagub NTT

Bery mengatakan selama tilang rutin pihaknya melaksanakan sehari 1 kali, namun di pekan ini pihaknya mengambil tilang pada malam Minggu dengan spotnya Dj Panjaitan Pos Lantas Matawai.

"Pada tilang rutin kali ini, kami Satlantas Polres Sumba Timur bersinergi dengan UPT PPKAD Sumba Timur dimana pihak UPT atau Dispenda terkait tunggakan pajak," jelas Bery.

Hamdan, TKI yang Lari dari Penyanderaan Kelompok Abu Sayyaf Disambut Tangis, Begini Kisahnya

Dalam operasi itu kata Bery pelanggaran yang paling dominan ditemukan pelanggaran sepeda motor dalam hal ini helm, dokumen kendaraan dan bahakan dokumen pengendara SIM. selain itu masih ditemukan pelanggaran bagi kompenen kendaraan seperti knal pot racing yang menjadi keluhan bagi masyarakat.

Bery mengatakan, operasi tersebut dilakukan secara rutin oleh Satlantas Polres Sumba Timur dalam rangka Cipta Kondisi menjelang hari raya Natal 2018 dan Tahun Baru 1 Januari 2019.

Bery juga mengingatkan kepada pengendara roda dua untuk menyediahkan helm bagi penumpang dan selalu menyalahkan lampuh utama baik roda dua maupun roda empat karena selama satu pekan terkakhir terjadi Lakalantas melibatkan komponen pendukung kendaraan dalam hal ini lampuh utama.

"Jadi selama pelaksanaan tilang rutin yang kita lakukan ini dengan sasaran utamanya adalah lampuh utama kendaraan baik roda dua maupun empat. Selain itu menggunakan helm, mengurangi laju kecepatan kendaraan apalagi jelang akhir tahun aktifitas pengguna jalan sangat naik tinggi," jelas Bery.

Bery juga mengatakan pihaknya juga dalam melakukan operasi itu selain menekan angka kecelakaan juga pihaknya tetap mengingatkan terutama dari sisi pelanggaran karena selamanya Lakalantas diawali dengan pelanggaran.

Bery berharap melalui operasi yang pihaknya lakukan tersebut dapat memberikan rasa nyaman bagi warga Sumba Timur terutama selama perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 1 Januari 2019. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved