Berita Kabupaten Ende

102 Siswa SMA dan SMK di Flores Ikut Olimpiade Bahasa Jerman

pelaksanaan Olimpiade tersebut adalah bagian dari ajang seleksi yang dilakukan di daerah untuk memilih peserta terbaik yang akan diikutkan pada kegiat

102 Siswa SMA dan SMK di Flores Ikut Olimpiade Bahasa Jerman
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
OLIMPIADE/Para siswa sedaratan Flores mengikuti Olimpiade Bahasa Jerman,Sabtu (24/11/20218) di SMAK Thomas Morus,Ende. 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE--- Sebanyak 102 siswa dari 22 SMA dan SMK seluruh daratan Flores minus Kabupaten Lembata dan Manggarai Timur mengikuti ikut olimpiade Bahasa Jerman yang diselenggarakan oleh Goethe Institut bertempat di Aula SMAK Santo Thomas Morus, Ende.

Ketua Panitia Penyelenggara, Rafael Rondo kepada Pos Kupang.Com, Minggu (25/11/2018) mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk menguji kemampuan para siswa sekaligus sebagai ajang seleksi untuk mengikuti olimpiade nasional di Jakarta.

Baca: Tahun 2019 ! Wakapolda NTT Berencana Gelar Tinju se-NTT di Sumba Timur

Baca: Di Manggarai ! Air Bersih Tiga Desa di Wae Rii Sudah Mulai Mengalir

Rafael yang juga guru di SMAK Frateran Ndao, Ende mengatakan bahwa pelaksanaan Olimpiade tersebut adalah bagian dari ajang seleksi yang dilakukan di daerah untuk memilih peserta terbaik yang akan diikutkan pada kegiatan olimpiade Bahasa Jerman tingkat nasional di Jakarta.

“ Dari 102 peserta yang terbagi dalam dua kategori yakni kategori A 1 dan A 2 yang terbaik dari kategori A 2 diikutkan pada Olimpiade Bahasa Jerman tingkat nasional di Jakarta,”kata Rafael.

Dikatakan pada olimpiade nasional di Jakarta juga akan dipilih sebanyak 4 sampai 6 orang peserta untuk dikirim ke Jerman.

Rafael mengatakan Olimpiade Bahasa Jerman tersebut dilakukan di daerah dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi para siswa-siswi di daerah guna untuk menunjukan kemampuan dalam berkompetisi dalam bahasa Jerman.

Rafael menjelaskan pelaksanaan Olimpiade tersebut diselenggarakan setiap tahun oleh Goethe institut sebuah lembaga resmi bernaung di bawah pemerintahan Jerman.

Menurut Rafael kegiatan tersebuti menjadi peluang bagi para siswa untuk mengelolah kemampuan dalam mata pelajaran bahasa Jerman juga merupakan suatu kesempatan bagi para siswa untuk melanjutkan study dan bekerja di Jerman.

Penyelenggaraan kegiatan olimpiade dan sosialisasi tentang lembaga institut jerman, merupakan kegiatan yang pertama kali diilaksanakan di Pulau Flores dengan melibatkan para siswa dari sejumah SMA maupun SMK yang ada di Pulau Flores.

Halaman
12
Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved