Berita Sumba Timur Terkini

Pemkab Sumba Timur Mendukung Gubernur NTT Moratorium Pengiriman TKI

Pemkab Sumba Timur mendukung Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, moratorium pengiriman TKI ke luar negeri.

Pemkab Sumba Timur Mendukung Gubernur NTT Moratorium Pengiriman TKI
POS-KUPANG.COM/Robert Ropo
Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumba Timur, Domu Warandoy 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Pemkab Sumba Timur mendukung Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, moratorium pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumba Timur, Domu Warandoy, menyampaikan hal itu kepada POS-KUPANG.COM, minggu (18/11/2018).

Menurutnya, sebenarnya banyak potensi pekerjaan di daerah Kabupaten Sumba Timur. "Untuk Sumba Timur sebetulnya potensi pekerjaan masih banyak karena lahan masih luas. Tapi banyak masyarakat yang ingin keluar merantau mungkin menurut mereka kesulitan di Sumba Timur yang letak geografis dan sulit mendapatkan uang. Tapi berusaha sebenarnya bisa," kata Domu.

Baca: UPTD Puskesmas Boawae Raih Akreditasi Madya

Domu mengatakan, Pemkab Sumba Timur setuju dengan moraturium tersebut, sebab seorang TKI berangkat kerja harus sedikit memiliki ilmu. Jika tidak memenuhi sertifikat ilmu pendidikan tersebut jika sampai di lokasi pekerjaan apa yang diperbuat.

"Jika suatu saat kembali tidak ada ilmu apa-apa yang berkembang bagi dia, karena sumber dayanya itu-itu saja karena kualitas SDM-nya tidak ada," kata Domu.

Baca: Ini Penegasan Pertama dan Terakhir Dinas P dan K TTS Kepada Kepsek SD Negeri Niki Niki IV

Meskipun ada masyarakat yang ingin menjadi TKW ke luar negeri, kata Domu Pemkab Sumba Timur akan tidak memberikan izin jika tidak memenuhi persyaratan dalam moratoriun itu.

"Kami tidak mau mengambil kebijakan sendiri nanti melanggar dengan kebijakan Pak Gubernur ini aturanya bagus. Kami takut dimarahi pak Gubernur. Kalau memang ada yang mau pergi TKW ya harus memenuhi persyatan itu, kalau tidak ya kerja-kerja disini saja," kata Domu. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved