Berita Kota Kupang Terkini

Poltekkes Kemenkes Kupang Presentasi Oral dan Poster

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kupang mengadakan presentasi oral dan presentasi poster bagi sejumlah akademisi.

Poltekkes Kemenkes Kupang Presentasi Oral dan Poster
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Suasana presentasi oral dan presentasi poster bagi sejumlah akademisi baik dari dalam dan luar negeri di Hotel Neo Aston Jalan Piet A. Tallo Liliba, Kota Kupang, Sabtu (17/11/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kupang mengadakan presentasi oral dan presentasi poster bagi sejumlah akademisi baik dari dalam dan luar negeri di Hotel Neo Aston Jalan Piet A Tallo Liliba, Kota Kupang, Sabtu (17/11/2018).

Kegiatan itu merupakan rangkaian kegiatan dari seminar internasional pertama Poltekkes Kemenkes Kupang. Terdapat sebanyak 26 poster dan dilakukan presentasi oral dati 95 kelompok.

Para akademisi yang merupakan dosen dari beberapa perguruan tinggi di dalam dan luar negeri tersebut terbagi dalam dua ruangan, yakni ruang Kelimutu dan Ruang Cendana.

Baca: Ada Penggalangan Dana Bagi Peristiwa Kebakaran Kampung Adat Manola

Para kelompok presentasi oral dan poster tersebut berasal dari Jakarta, Maluku, Ambon, Thailand, Malaysia, Timor Leste, Fakultas Kesehatan Masyarakat Undana Kupang, STIKES CHMK Kupang dan dari Kota Malang.

Mereka diberikan waktu selama 15 menit untuk mempresentasikan hasil riset serta pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan sejak tahun 2017 dan 2018.

Baca: Tagana NTT Tanam 1.000 Anakan Kelor

Mereka mempresentasikan hasil riset dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai bidang yakni tentang kesehatan gigi, keperawatan, farmasi, analis kesehatan, gizi serta kesehatan masyarakat.

Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang, R. H. Kristina, SKM.,M.Kes disela kegiatan kepada POS-KUPANG.COM mengatakan kegiatan hari kedua dari rangkaian kegiata seminar internasional pertama kampus yang dipimpinnya itu menggunakan bahasa Inggris sebagai bahas untuk berkomunikasi serta hasil dari kegiatan dapat meningkatkan nilai akreditasi dari Poltekkes Kemenkes Kupang.

Selain itu, ada sesi tanya jawab serta diskusi dan penilaian dari tim juri yang berkompeten dari Undana Kupang dan panitia akan melakukan review dan mengeluarkan prosiding internasional.

"Jadi akan dipilih tiga terbaik yang presentasi dan kami akan memberikan sertifikat dan plakat untuk penghargaan," ungkapnya.

Dia berharap hasil riset yang ada dapat menjadi bahan masukan terutama bagi pemerintah baik provinsi maupun pemerintah daerah untuk bisa dijadikan referensi dalam mengambil kebijakan dan program pemerintah.

"Tidak ada guna kita melakukan penelitian tanpa ada kegunaan kedepannya bagi masyarakat," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, bagi para yang mengikuti kegiatan tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk naik pangkat karena telah mengikuti seminar internasional dan memenuhi kredit poin

"Untuk dosen jika mengikuti seminar internasional maka akan naik pangkat karena memenuhi kredit poin PUM untuk pengembangan dosen," ujarnya.

"Saya sangat senang karena akan mendapat sekitar 130 yang akan mempublikasikan risetnya ke jurnal internasional dan hasilnya kita mendapatkan proseding kita akan mencetak satu jurnal ilmiah yang akan disebarkan sampai ke luar negeri," tambahnya. (*)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved