Berita Rekrutmen CPNS 2018

Sauli, Peserta Tes CPNS di TTU yang Capai Passing Grade Bagikan Tips, Simak Yuk!

Sauli M Oes Bani, peserta tes CPNS di Kabupaten TTU yang lolos passing grade membagikan tips.

Sauli, Peserta Tes CPNS di TTU yang Capai Passing Grade Bagikan Tips, Simak Yuk!
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Sauli M Oes Bani menangis setelah mengetahui dirinya mencapai passing grade di SMK Negeri 1 Kefamenanu, Selasa (13/11/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Salah satu peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang memperoleh nilai mencapai passing grade, Sauli M. Oes Bani kepada POS- KUPANG.COM, Selasa (13/11/2018) siang membagikan tips agar peserta lainnya bisa sepertinya.

Menurut Sauli, agar tidak gugup dalam mengahapi soal-soal yang terpampang pada layar komputer, dirinya harus dapat memenangkan diri dengan baim. Hal itu dirinya lakukan agar bisa membaca dan memahami soal dengan lebih baik.

"Yang penting tenangkan diri supaya lebih konsentrasi agar bisa membaca soal dengan baik. Khususnya di TKP memang soalnya panjang-panjang sehingga harus kosentrasi supaya bisa analisa dengan baik," ujarnya.

Baca: Penghargaan Kota Layak Anak, Francisca Ikasasi: Kita Hilang Dua Momen, 2019 Kita Rebut

Sauli juga membagi tips agar para peserta dapat mengerjakan soal pada materi tes TKP. Menurutnya, dalam menjawab pada materi tes TKP, maka pilihan yang harus dijawab adalah pilihan yang ideal untuk kepentingan umum.

Baca: Tahun 2019, Semua Anak Sekolah di Kota Kupang Dapat Seragam

"Tips untuk soal TKP, pilih pilihan yang ideal untuk kepentingan semua orang. Jangan pilih pilihan untuk kepentingan pribadi kita," ungkapnya.

Sauli menambahkan, para peserta harus lebih mempersiapkan diri dengan baik. Dengan persiapan yang matang, maka dipastikan dapat mengerjakan soal pada materi tes TIU dengan baik dan benar.

"Saya kerja seperti biasa yang saya belajar selama ini, selain itu karena saya juga memang jurusan matematika, jadi saya cakar soal matematika yang ada," ungkapnya.

Sementara itu, untuk materi tes TWK, ungkap Sauli, para peserta tes CPNS harus melakukan analisis dengan baik setiap butir soal dan pilihan jawaban yang ditawarkan sebelum menentukan pilihan jawaban.

"Kalau TWK juga perlu analisisa, jadi harus konsentrasi supaya bisa baca soal dengan baik sehingga jawab soal juga dengan baik," tambahnya.

Untuk menghadapi tes CPNS tersebut, jelas Sauli, dirinya hanya mempersiapkan dengan belajar secara terus menerus selama dua minggu dengan mengerjakan soal yang dishare teman-temannya di media sosial.

"Saya persiapan dengan belajar soal-soal tes yang dibagikan oleh teman-teman di media sosial. Saya belajar hanya sekitar dua minggu saja, tapi bersyukur hari ini saya mencapai passing grade," ujarnya. (*)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved