Berita Kabupaten Kupang

ChildFund dan LPPA Bangun 123 Sumur dan Jaringan Perpipaan di Kabupaten Malaka

Pendekatan yang dilakukan oleh ChildFund dan LPPA adalah membangun pemahaman bersama dengan pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan

ChildFund dan LPPA Bangun 123 Sumur dan Jaringan Perpipaan di Kabupaten Malaka
POS KUPANG/TENY JENAHAS
ChildFund Indonesia dan Lembaga Perlindungan Anak (LPPA) Belu dan Malaka membangun sumur di wilayah Kabupaten Malaka. 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM|BETUN---ChildFund Indonesia dan Lembaga Perlindungan Anak (LPPA) Belu dan Malaka membangun 123 sumur di wilayah Kabupaten Malaka. Pembangunan sumur yang layak ini untuk membantu masyarakat Malaka dalam memenuhi kebutuhan air minum setiap hari.

Sumur yang dibangun tersebut tersebar di enam desa yakni, Desa Wehali 18 unit, Desa Uma Katahan 20 unit, Desa Kamanasa 12 unit, Desa Harekakae 23 unit, Desa Lakekun 29 unit dan Desa Litamali 21 unit. Sedangkan pemasangan jaringan perpipaan dilakukan di Desa Lakekun Utara, Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka sepanjang 1,5 kilometer.

Baca: Dukung Instruksi Gubernur, Pemkab Kupang Siap Bentuk Dinas Kebersihan dan Pertamanan

Baca: Orang Kedang Menari Sepanjang Jalan, Saat Pembukaan Expo Uyelewun Raya

Baca: Mau Video Call Empat Orang Sekaligus di WhatsApp? Begini Loh Caranya

Baca: Kembar Tujuh Di Dunia yang Sempat Viral, Begini Kabar Mereka Sekarang

Baca: Amerika Dibikin Babak Belur Saat Jendral Sudirman Pakai Taktik Ini. Yuk Simak

Eatern Zonal Manager ChildFund Indonesia, Candra Dethan kepada Pos Kupang.Com, Sabtu (27/2018) mengatakan, pembangunan sumur dan pemasangan jaringan perpipaan merupakan pelaksanaan Program Children’s Safe Drinking Water (CSDW) yang didukung perusahaan Procter dan Gamble.

Program ini bertujuan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yakni air minum bersih. Selain menjawab kebutuhan dasar tersebut, program CSDW ini juga meningkatkan kesadaran semua orang, terutama orangtua dan anak untuk mengkonsumsi air bersih dan sehat.

Pembangunan sumur dan pemasangan pipa merupakan intervensi jangka panjang dari program Children’s Safe Drinking Water (CSDW) setelah tiga tahun Childfund bersama pemerintah dan masyarakat Belu dan Malaka. Program ini sangat mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar air minum bersih bagi masyarakat

Menurut Candra untuk pipanisasi, ChildFund bersama-sama dengan Pamsinmas dan STBM. Semua pekerjaan fisik akan selesai pada November 2018.

Pendekatan yang dilakukan oleh ChildFund dan LPPA adalah membangun pemahaman bersama dengan pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malaka dan Belu.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan adalah pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi guru-guru dan kader posyandu, Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) bagi anak-anak. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved