Berita Kabupaten Lembata Terkini

Parpol Wajib Laporkan Dana Kampanye Sebelum Malam Tiba

Semua partai politik (parpol) diwajibkan melaporkan dana kampanye ke KPUD Lembata, paling lambat pukul 18.00 Wita atau sebelum malam tiba

Parpol Wajib Laporkan Dana Kampanye Sebelum Malam Tiba
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Divisi Teknis KPUD Lembata, Bernabas ND Marak 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Semua partai politik (parpol) diwajibkan melaporkan dana kampanye ke KPUD Lembata, paling lambat pukul 18.00 Wita atau sebelum malam tiba, Minggu (23/9/2018).

Bila parpol mengabaikan hal ini, tidak melaporkan dana kampanye, maka parpol dan seluruh caleg tidak akan diikutkan dalam pemilu legislatif nanti.

Pernyataan tegas tersebut disampaikan Komisioner yang membidangi Divisi Teknis KPUD Lembata, Bernabas ND Marak, ketika ditemui POS-KUPANG.COM, Minggu (23/9/2018).

Baca: Menteri PUPR dan KADIN Promosikan Peluang Investasi di Indonesia Kepada Pengusaha Spanyol

"Paling lambat sore ini pukul 18.00 Wita, semua parpol harus telah melaporkan dana kampanye partai tersebut. Kalau ada pengurus partai politik yang tidak mematuhi hal ini, maka risiko ditanggung sendiri. KPU memastikan bahwa parpol tersebut dicoret dan tidak diikutkan dalam pemilu nanti," tandas Bernabas.

Tentang hal itu, lanjut Bernabas, KPUD Lembata telah menyampaikan kepada pengurus partai pada saat pertemuan di KPU. Hal yang sama juga telah disampaikan pada saat deklarasi pemilu damai di Polres Lembata, baru-baru ini.

Baca: Bupati TTU Sebut Kota Kefamenanu Sebagai Indonesia Mini

Bahkan pada saat penetapan DCT, Kamis (20/9/2018) lalu, pihaknya juga telah menyampaikan hal yang sama kepada semua parpol.

Oleh karena itu ia sangat berharap agar 16 parpol yang ada di Lembata, semuanya memenuhi syarat tersebut.

Ketaatan parpol dalam melaporkan dana kampanye ke KPU, sangat menentukan nasib partai tersebut apakah tetap diikutkan dalam tahapan pemilu mendatang atau sebaliknya didiskualifikasi.

Menurut Bernabas, KPU tidak memberikan toleransi apa pun kepada parpol bila tidak menaati aturan tersebut. Sesuai perintah Peratutan KPU (PKPU) Nomor 24 dan perubahannya No 29 Tahun 2018 tentang Dana Kampanye, semua parpol wajib melaporkan dan kampanye. Jika tidak maka akan dicoret dan tidak diikutkan dalam pemilu mendatang.

Dia menambahkan, laporan dana kampanye itu merupakan himpunan dana kampanye dari para calon anggota legislatif. Olehnya pengurus parpol diharapkan mematuhi aturan tersebut, untuk mengindari pelbagai hal yang tidak diinginkan. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help