Berita Kabupaten Belu Terkini

Pencaker di Belu Kecewa Tak Ada Formasi CPNS, Begini Ungkapan Hati Engelbertus Foa

Para pencari kerja (pencaker) di Kabupaten Belu, Provinsi NTT merasa kecewa dengan pemerintah pusat, provinsi dan Pemerintah Kabupaten Belu

Pencaker di Belu Kecewa Tak Ada Formasi CPNS, Begini Ungkapan Hati Engelbertus Foa
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Wakil Bupati Belu, J T Ose Luan

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Para pencari kerja (pencaker) di Kabupaten Belu, Provinsi NTT merasa kecewa dengan pemerintah pusat, provinsi dan Pemerintah Kabupaten Belu karena tahun ini Pemkab Belu tidak mendapat formasi CPNSD.

Hal itu dikatakan Engelbertus Foa kepada POS- KUPANG.COM, Kamis (13/9/2018). Menurut Foa, sebagai warga Belu yang sedang mencari pekerjaan, ia sangat kecewa dengan pemerintah pusat karena tidak memberikan quota CPNS bagi Kabupaten Belu tahun 2018.

"Kami sangat kecewa dengan kinerja bupati dan DPRD karena masyarakat di Belu sangat mengharapkan lowongan CPNS ini bisa menyerap tenaga kerja," kata Foa.

Baca: Tim Gabungan Polres Sumba Timur Bekuk Dua Pelaku Pencuri Kuda Milik UT

Pencari kerja lainnya, Petrus Manek, Elfrida Fitri dan Rony mengaku kecewa mendapat informasi tentang Kabupaten tidak mendapatkan quota CPNS.

Mereka mengatakan, kebijakan pemerintah pusat sangat tidak adil karena Kabupaten Belu tidak memberi jatah CPNS. Pemerintah sudah melakukan moratorium penerimaan CPNS selama 10 tahun.

Semestinya, saat giliran pembukaan formasi CPNS harus diberikan jatah semua kabupaten/kota termasuk Kabupaten Belu.

Pencaker mengharapkan kepada Presiden Jokowi agar bisa memberikan quota CPNS untuk Kabupaten Belu.

Kabupaten Belu sudah 10 tahun tidak membuka formasi CPNS, sedangkan jumlah lulusan perguruan tinggi setiap tahun terus meningkat. Formasi CPNS merupakan salah satu lapangan kerja yang disediakan pemerintah sehingga formasi ini mestinya berlaku sama untuk semu kabupaten/kota di Indonesia.

Wakil Bupati Belu, J T Ose Luan saat dikonfirmasi POS-KUPANG.COM di Gedung DPRD Belu mengatakan, Pemerintah Kabupaten Belu telah melakukukan kasalahan fatal sehingga tidak tidak mendapatkan formasi CPNS tahun 2018.

Pemerintah terlambat mengusulakan formasi CPNS kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Terkait masalah ini pemerintah harus berjiwa besar untuk menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Kabupaten Belu.

Menurut Ose Luan, Kabupaten Belu tidak mendapatkan formasi CPNS tahun 2018 karena terlambat memberikan usulan ke Menpan RB. Keterlambatan ini diduga karena putus komunikasi antara staf, pimpinan instansi teknis dan pimpinan lebih atas yakni, Sekda, Wakil Bupati dan Bupati. Kesalahan ini tegolong fatal dan celaka serta merugikan masyarakat Kabupaten Belu.

"Saya menilai hal ini sesuatu kelalaian berat dan fatal. Untuk itu, pemerintah tidak perlu menutup diri. Saya tidak bisa mengatakan hal ini masih diperjuangkan karena kenyataannya kita nol formasi," kata Ose Luan. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved