Berita Kabupaten Belu

Masyarakat Beri Tanggapan Atas Keabsahan Bakal Caleg PDIP Belu

Pengurus PDIP Kabupaten Belu mendapat tembusan surat tanggapan dari masyarakat atas Daftar Calon Sementara (DCS) dari PDIP Kabupaten Belu.

Masyarakat Beri Tanggapan Atas Keabsahan Bakal Caleg PDIP Belu
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Plt Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Belu, Oktavianus Yongki Rorong 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Belu mendapat tembusan surat tanggapan dari masyarakat atas Daftar Calon Sementara (DCS) dari PDIP Kabupaten Belu.

Inti tanggapan masyarakat itu berkaitan dengan keabsahan persyaratan caleg, yakni Kartu Tanda Anggota (KTA) salah satu bakal caleg PDIP di daerah pemilihan (Dapil) II.

Atas surat tanggapan tersebut jajajaran pengurus DPC PDIP Kabupaten Belu melakukan klarifikasi kepada KPU Belu, Jumat (24/8/2018).

Baca: Pemkab Kupang Dukung Program Desa Sadar Jamsostek BPJS Ketenagakerjaan

Hal itu dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Sekertaris DPC PDIP Kabupaten Belu Oktavianus Yongki Rorong kepada POS- KUPANG.COM saat dikonfirmasi, Jumat (24/8/2018).

Menurut Yongki, ia bersama Wakil Ketua DPC PDIP Belu, Frans Faldano sudah mendatangi KPU Belu untuk menanyakan kepastian surat tanggapan dari masyarakat karena DPC mendapat tembusannya.

Sesuai penjelasan dari KPU, tanggapan masyarakat ada masuk ke KPU dan KPU belum menyurati parpol untuk melakukan klarifikasi. Pengurus PDIP menunggu surat resmi dari KPU Belu agar pengurus bisa membentuk tim klarifikasi ke DPP.

"Sebagai lembaga independen kami harap KPU profesional dalam menyikapi laporan terkait masalah internal partai. Karena sesuai aturan PKPU nomor 20, yang melakukan klarifikasi adalah parpol bukan KPU. Apalagi terkait masalah KTA," kata tegas Yongki.

Ketua KPU Belu, Marthin Bara Lay, S.H, saat dikonfirmasi POS-KUPANG.COM, Jumat (24/8/2018) mengatakan, beberapa pengurus PDIP datang ke Kantor KPU untuk menanyakan tantang kepastian surat tanggapan masyarakat. Pasalnya, pengurus PDIP mendapat tembusan surat tanggapan masyarakat tersebut.

"Memang ada yang datang untuk menanyakan tentang surat tanggapan masyarakat, apa sudah sampai di KPU atau belum karena mereka sudah dapat tembusannya," kata Marthin menjawabi pertanyaan POS-KUPANG.COM.

Menurut Marthin, pihak KPU sudah menyampaikan kepada pengurus PDIP Kabupaten Belu yang datang di KPU bahwa untuk klarifikasi tetap menunggu surat dari KPU.

"Jadi saya sampaikan bahwa untuk klarifikasi tunggu KPU Belu meminta (bersurat) ke partai baru beri klarifikasi," kata tegas Marthin.

Menurut Marthin, sampai dengan tanggal 21 Agustus 2018, KPU Belu hanya mendapat dua tanggapan dari masyarakat atas DCS. Dua tanggapan itu disampaikan kepada satu bakal caleg di satu partai. Inti tanggapan yang disampaikan itu mengenai kartu tanda anggota (KTA).

KPU akan menyurati parpol paling lambat tanggal 28 Agustus 2018. Atas dasar surat itu, parpol akan melakukan klarifikasi. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved