Berita Kesehatan

5 Tips Menjaga Kesehatan untuk yang Kerja Shift Malam

Terkadang profesi kita menuntut untuk kerja shift malam seperti dokter, perawat, pramugari, pilot, pengemudi, pegawai pabrik, jurnalis

5 Tips Menjaga Kesehatan untuk yang Kerja Shift Malam
KOMPAS.com/DragonImages
Ilustrasi bekerja 

POS-KUPANG.COM - Terkadang profesi kita menuntut untuk kerja shift malam seperti dokter, perawat, pramugari, pilot, pengemudi, pegawai pabrik, jurnalis, staff percetakan, petugas keamanan, atau penjaga toko 24 jam.

Menurut National Sleep Foundation, waktu kerja ini sering dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan seperti peningkatan risiko masalah metabolisme, penyakit jantung, gangguan pencernaan, obesitas, hingga kanker.

Kerja shift malam dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakan DNA.

Baca: Dirjen KSDA ke Labuan Bajo Kumpulkan Fakta Terkait Penolakan Pembangunan di Pulau Rinca

Selain itu, kadar melatonin dalam tubuh juga menurun, ini adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur jam biologis tubuh.

Namun, kita tetap bisa menjaga kesehatan tubuh selama kerja shift malam dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup.

Berikut tips menjaga kesehatan bagi mereka yang kerja shift malam.

1. Mengatur pola tidur
Kerja shift malam membuat kita harus tetap terjaga di malam hari. Padahal di malam hari, tubuh melepaskan hormon melatonin, yang membuata mengantuk dan kurang waspada.

Pasalnya, memang tubuh dirancang untuk tidur di malam hari. Orang dewasa biasanya membutuhkan tidur antara 7-9 jam setiap malam. Kurang dari itu, kita akan mengalami "utang tidur."

Satu-satunya cara untuk membayar kembali utang tidur adalah untuk mengejar tidur yang dilewatkan, dan ini harus dilakukan sesegera mungkin.

Cobalah langkah-langkah ini untuk menjaga pola tidur: Jangan menunda tidur. Kalau sempat dan sudah mengantuk, segera tidur.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help