Berita Regional

DKI Tetap Pensiunkan 10 Pejabat yang Dicopot meski Ditentang KASN

Sekda DKI Jakarta, Saefullah menyatakan, tetap memensiunkan 10 pejabat eselon II yang dicopot Gubernur DKI, Anies Baswedan

DKI Tetap Pensiunkan 10 Pejabat yang Dicopot meski Ditentang KASN
KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR
Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (22/2/2018). 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah menyatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap memensiunkan 10 pejabat eselon II yang dicopot Gubernur DKI, Anies Baswedan awal Juli lalu.

Pemprov DKI mengesampingkan permintaan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk menunda proses pensiun dengan asalan pencopotan mereka bermasalah.

"Sudah kami bantu administrasinya ya. Sudah kami siapkan SK-nya, sudah diusulkan, sudah di BKN (Badan Kepegawaian Negara). Setelah sampai di BKN, masuklah surat dari KASN. BKN akhirnya ngerem," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Baca: DPRD Lembata Harus PAW-kan Bediona Cs

Menurut Saefullah, para pejabat yang dicopot itu dipensiunkan sebelum usia 60 tahun karena berstatus PNS biasa atau staf sebelum pensiun.

Batas usia pensiun (BUP) bagi pejabat struktural eselon II adalah 60, sedangkan bagi staf atau yang tidak memegang jabatan struktural BUP-nya 58 tahun.

Saefullah mengatakan 10 pejabat yang dipensiunkan itu tak bisa dikembalikan jabatannya.

"Kalau jabatannya itu sudah tidak diberikan lagi, maka posisinya yang bersangkutan menjadi staf, kalau staf ya berarti usia 58 tahun. Mau dibolak-balik bagaimana? Enggak bisa lagi. 58 tahun (pensiun) siapa pun," kata Saefullah.

Komisioner KASN, I Made Suwandi sebelumnya mengatakan telah meminta BKN untuk menunda proses pensiun sejumlah mantan pejabat di DKI. Pasalnya, pencopotan pejabat yang dipensiunkan itu melanggar prosedur.

KASN meminta agar pejabat yang dicopot dan dipensiunkan paksa untuk dikembalikan ke jabatannya semula. Rekomendasi KASN itu wajib dilaksanakan sebelum tenggat 26 Agustus 2018. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved