Senam Zumba Buat Harimu Lebih Ceria

Puluhan ibu-ibu tampak ceria dan enerjik mengikuti senam Zumba di aula lantai 2 gedung global sport, Maulafa pada Sabtu sore (9/6/2018).

Senam Zumba Buat Harimu Lebih Ceria
ISTIMEWA
Senam Zumba

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Puluhan ibu-ibu tampak ceria dan enerjik mengikuti senam Zumba di aula lantai 2 gedung global sport, Maulafa pada Sabtu sore (9/6/2018).

Gerak senam Zumba yang atraktif memang mengerahkan banyak energi, hingga mereka tampak bermandikan keringat. Anehnya, mereka tetap saja terlihat ceria.

Baca: Polres Ende Sampaikan Pesan Sosial Lewat Tulisan di Tembok

Wajah mereka tak tampak kelelahan, bahkan di jeda, ada diantara mereka yang masih bergoyang-goyang sendiri atau sekedar mengerak-gerakan tubuh layaknya para atlet yang sedang pemanasan.

"Zumba itu bikin kita happy dan segar," ungkap ibu Rita Seda. Kepiawaiannya memeragakan senam Zumba membuat dirinya lebih dikenal dengan sapaan Zin Rita, Zumba Instruktur. Kata Zin yang disematkan di depan namanya, bukan asal disematkan. Ibu Rita Seda telah melewati tahap pendidikan dan pelatihan hingga memperoleh sertifikat sebagai ZIN bertaraf internasional, Rabu, (13/6/2018).

"Mengantongi sertifikat sebagai sebagai seorang Zin tentu bukan hal mudah. Butuh keuletan dan ketekunan. Saya melewati berbagai tahap pelatihan dan pendidikan, sampai akhirnya ujian dan mendapat sertifikat sebagai Zin," ungkapnya.

ZIN Rita mengisahkan, dirinya sudah sejak lama jatuh cinta dengan senam ini. Setelah merasakan aneka faedah dari tarian ini ia kemudian mengajak teman- temannya untuk bergabung bersamanya menari Zumba. "Awalnya hanya beberapa orang saja, eh lama-lama, makin banyak yang berminat dan ikut bergabung," ungkap Zin Rita.

Ia menjelaskan, menari Zumba memiliki banyak manfaat bagi kesegaran tubuh dan psikis kita. Hal itu ia alami sendiri selama tekun dan teratur menari Zumba. "Saya merasa tubuh lebih segar dan ringan selama beraktivitas, selain itu,saat senam Zumba, pikiran kita akan menjadi rileks," ungkapnya.

Ibu Kiki salah satu anggota komunitas ini mengaku setelah tekun senam Zumba, ia menjadi lebih bugar dan tak mudah stress.

Zin Rita mengingatkan, senam Zumba kendati begitu familiar karena dipadukan dengan berbagai genre musik, tidak lantas berarti senam ini gampangan. "Zumba tidak asalan. Senam ini punya pola gerakan yang telah dikonsep sedemikian rupa, yang tahu dan bisa melatih, tentu yang profesionalah," ungkapnya.

Menurutnya, senam Zumba, sangat cocok dengan karakter dan passion orang NTT, sehingga cepat diterima oleh masyarakat dan banyak yang ikut bergabung. Mengingat jumlah peminat yang kian bertambah, Zin Rita kemudian mendirikan komunitas ZNN yang mengokomodir para pecinta Zumba.

Komunitas ini bermarkas di Global Sport, Tofa, Kupang. Seiring berjalannya waktu dan jumlah peminat makin bertambah, Zin Rita membuat Global Sport ini kian berwarna. Selain senam Zumba, ada juga, aerobic, yoga ashtanga vinyasa, senam baku SKJ SJS senam lansia, line dance Jai, TB ,Tobelo, Chacha, Jazz.

Kepada yang mau bergabung, Zin Rita mengatakan kuncinya adalah punya minat dan niat. "Yah pada prinsipnya Zumba itu enjoy the music. Kita menikmati musik dengan memeragakan senam Zumba. Kalau anda tidak mencoba untuk menikmatinya, tentu anda tidak akan merasakan seperti apa manfaatnya menari Zumba" ungkapnya. (*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help