Protes Apa Yang Dilakukan Mantan Sekda TTS Tabun Sehingga MA Bebaskan Dia dari Penjara?

Mantan Sekda TTS, Drs. Salmun Tabun, M.Si protes seperti apa sehingga MA kabulkan PK-nya dan membebaskan dirinya dari penjara?

Protes Apa Yang Dilakukan Mantan Sekda TTS Tabun Sehingga MA Bebaskan Dia dari Penjara?
PK/VEL
Salmun Tabun 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Novemy Leo

POS-KUPANG.C0M - Mantan Sekda TTS, Drs. Salmun Tabun, M.Si protes seperti apa sehingga MA kabulkan PK-nya dan membebaskan dirinya dari penjara?

Untuk diketahui, setelah 8 bulan dipenjara pasca vonis majelis hakim PN Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang karena menyelewengkan dana sebesar Rp 3 juta, Peninjauan Kembali (PK) mantan Sekda TTS, Drs. Samuel Tabun, diterima oleh Mahkamah Agung (MA). Tabun dinyatakan tidak bersalah alias tidak melakukan korupsi.

Mantan sekda TTS, Salmun Tabun, berbincang dengan tahanan di rutan SoE, Selasa (26/9/2017) siang.
Mantan sekda TTS, Salmun Tabun, berbincang dengan tahanan di rutan SoE, Selasa (26/9/2017) siang. (POS KUPANG/NOVEMY LEO)

Philipus Fernandes, SH, kuasa hukum Samuel Tabun, kepada Pos Kupang mengatakan, Selasa (28/5/2018) sore, dia mengecek webside MA dari direktori putusan MA untuk melihat putusan PK yang diajukan kliennya.

Baca: VIDEO: Dari Dalam Rutan Mantan Sekda Salmun Tabun Beri Pesan Khusus Untuk Masyarakat TTS

Baca: VIDEO: Mantan Sekda TTS Salmun Tabun Ungkap Penyimpangan Puluhan Miliar

Baca: Mantan Sekda TTS Salmun Tabun Sekamar dengan Tiga Napi Korupsi

"Keputusan PK atas nama Salmun sudah dikeluarkan sejak Tanggal 15 Mei 2018 lalu.
Amar keputusannya, MA mengabulkan permohonan PK Drs. Salmun Tabun. Artinya bahwa klien kami tidak terbukti bersalah dan Jaksa mesti segera membebaskan atau mengeluarkan klien kami dari penjara demi hukum," kata Philipus, Senin (28/5/2018) malam.

Ditanya bagaimana upaya hukum yang akan dilakukannya sebagai kuasa hukum Tabun, Philipus mengatakan, pihaknya menunggu turunan putusan dan petikan putusan PK itu sampai di tangannya selanjutnya pihaknya akan menindaklanjutinya.

"Jika sudah diposting di webside MA maka itu artinya mereka sudah mengirimkan turunan dan petikan putusan itu. Mungkin dalm beberapa hari kedepn kami sudah menerimanya," tegas Filipus.

Dengan dikabulkannya permohnan PK Salmun, Philipus mengatakan akan segera berdiskusi dengan kliennya guna rehabilitasi harkat dan matarbat kliennya yang sudah divonis bersalah dan menjalani hukuman selama 8 bulan di Rutan TTS akibat putusan PN Tipikor Kupang itu.

Ditanyakan apa isi pemohonan PK Salmun yang diajukan ke MA, Philipus menjelaskan, pihaknya memprotes keputusan majelis hakim Tipikor di PN Kupang.

Hakim Tipikor PN Kupang memvonis Salmun selama 1 tahun penjara dan denda Rp 100 juta, subsider 1 bulan kurungan penjara, dengan pertimbangan karena terbukti melakukan korupsi dari sektor penyewaan alat dapur senilai Rp 3 juta.

Vonis ini lebih rendah dari tuntutan JPU selama 1 tahun 6 bulan penjara.

Baca: Ini Tiga Napi Korupsi yang Sekamar dengan Mantan Sekda TTS Salmun Tabun

Baca: VIDEO: Ini Lho Kata Mantan Sekda TTS, Salmun Tabun Soal Korupsi

Baca: VICEO: Detik-Detik Sebelum Mantan Sekda TTS Salmun Tabun Menuju ke Rutan SoE

Halaman
123
Penulis: omdsmy_novemy_leo
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help