Bertahap, Pemerintah Akan Tutup TPA Lapale

Penutupan TPA Lpale akan dilakukan setelah rampung pembangunan TPA Wone dengaan teknologi pengolahan sampah ramah lingkungan

Bertahap, Pemerintah Akan Tutup TPA Lapale
POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Kadis Lingkungan Hidup Sumba Barat, Dedi Suyatno

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK- pemerintah Kabupaten Sumba Barat akan menutup tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Lapale, Desa Lapale, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat secara bertahap.

Pemerintah juga akan terus mengawasi TPA Lapale selama 20 tahun ke depan guna memberi kepastian tidak berdanpak mencemari lingkungan sekitar dan beragam damak lainnya.

Penutupan TPA Lpale akan dilakukan setelah rampung pembangunan TPA Wone dengaan teknologi pengolahan sampah ramah lingkungan yang saat ini sedang dikerjakan.

Kepala dinas lingkungan hidup Kabupaten Sumba Barat, Dedy Suyatno menyampaikan hal itu di kantorya, Kamis (17/5/2018). Menurutbta, saat ini, pemerintah fokus membangun TPA Wone .

Bila sudah selesai, baru menutup TPA Lapale. Mudah-mudahan pembangunan TPA Wone dengan anggaran Rp 13 miliar lebih yang bersumber dari bantuan pemerintah pusat dapat ranpung tahun ini.

Dalam kesempatan itu, ia juga menghimbau masyarakat Sumba Barat untuk tidak membuang sampah sembarangan disepanjang pinggir jalan raya Lapale menuju Lamboya dan Wanokaka.

Hal itu merusak kebersihan lingkungan apalagi jalan tersebut merupakan jalur jalan pariwisata ke Wanokaka dan Lamboya,wilayah selatan Sumba Barat.

Karena itu, ia memibta juga bantuab kepala desa Lapale untuk mengawasi perilaku warga membuang sanpah sembarangan pada jalur jalan itu. (*)

Baca: Begini Imbau Lurah Oebufu untuk Warga

Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help