Puskesmas Bakunase Sering Jadi Tempat Studi Banding

Setelah ditetapkan Puskesmas Bakunase sebagai Puskesmas yang peduli kanker perempuan di Kota Kupang, kerap dikunjungi para tenaga kesehatan

Puskesmas Bakunase Sering Jadi Tempat Studi Banding
POS-KUPANG.COM/YENI RACHMAWATI
Komisi IV DPRD kota Kupang mengunjungi Puskesmas Bakunase dan Alak, Selasa (15/5/2018). 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Setelah ditetapkan Puskesmas Bakunase sebagai Puskesmas yang peduli kanker perempuan di Kota Kupang, kerap dikunjungi para tenaga kesehatan berupa dokter maupun tenaga kesehatan khusus dari kabupaten lain di NTT.

Hal itu terlihat dari kunjungan Komisi IV DPRD Kota Kupang, dalam dialog bersama para anggota DPRD Kota Kupang.

"Dengan telah ditetapkan kamis sebagai Puskesmas yang bisa melakukan deteksi dini penyakit kanker, dengan memiliki tenaga dokter dan bidang yang sudah terlatih, banyak kabupaten lain yang melakukan studi banding ke Puskesmas kami," kata dr. Ivonny Ray.

Ia mengaku, untuk saat ini ada tenaga kesehatan dokter dari Rumah Sakit Nagakeo yang melakukan studi banding ke Puskesmas Bakunase soal deteksi dini kanker.

"Sebelumnya ada juga tenaga kesehatan dokter dari rumah sakit lain yaitu Kabupaten Alor, Belu, yang khusus untuk deteksi kanker serviks dan payudara," tuturnya.

Ia mengatakan, dalam pelayanan deteksi dini kanker yang dilakukan di Puskesmas Bakunase hanya dua hari yakni hari Selasa dan Kamis yang menjadi rujukan ke provinsi. Karena untuk Puskesmas Bakunase yang berada dibawah naungan Dinas Kesehatan Kota Kupang memiliki alat crane terapi kanker tersebut menjadi rujukan provinsi.

"Dengan adanya alat ini, banyak tenaga kesehatan yang melakukan studi banding ke Puskesmas ini," ujarnya.(*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved