Anwar Pua Geno Sebut NTT Darurat Kasus TKI

Ketua DPRD NTT, H. Anwar Pua Geno mengatakan, Provinsi NTT saat ini sudah darurat kasus TKI atau human trafficking.

Anwar Pua Geno Sebut NTT Darurat Kasus TKI
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Ketua DPRD NTT, H. Anwar Pua Geno, S.H

Laporan Wartawan Pos-Kupang.Com, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Ketua DPRD NTT, H. Anwar Pua Geno mengatakan, Provinsi NTT saat ini sudah darurat kasus TKI atau human trafficking. Pasalnya, hampir setiap saat ada jenazah TKI/TKW asal NTT yang dipulangkan dari luar negeri.

Baca: Empat Program Prioritas Ini Jadi Target Pemkab Sumba Timur Tahun 2019, Apa Saja Ya?

Anwar kepada Pos-Kupang.Com, Kamis (22/3/2018), menjelaskan, NTT saat ini masih berstatus darurat human trafficking. Karena itu, DPRD NTT pada tahun lalu sudah membuat Perda Inisatif yang menyangkut perlindungan dan pengawasan terhadap TKI.

"Kita saat ini memang sudah darurat human trafficking. Karena itu, kita juga sudah buat perda inisiatif tentang pemgawasan dan perlindungan TKI," kata Anwar.

Baca: Winston: Penutupan Sekolah Harus Ada Alasan Mendasar

Dia menjelaskan, selain perda, pihaknya juga telah mendorong Pemprov NTT untuk membangun kantor Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) TKI yang berada di bawah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT.

"Semua langkah sudah kita tempuh. Kini saatnya pemerintah harus benar-benar melaksanakan perda serta mengefektifkan pelayanan di LTSA," katanya.

Anwar juga meminta PTKIS yang ada di NTT bekerja sesuai dengan aturan. Sedangkan bagi aparat penegak hukum supaya bersikap tegas terhadap pelaku human trafficking.

"Bagi pemerintah khususnya Dinas Nakertrans NTT harus beri pelatihan keterampilan bagi calon TKI sebelumnya dikirim ke luar negeri atau keluar daerah," ujarnya. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved