PosKupang/

Ini Dua Kabupaten di NTT Yang Sudah Mandiri Beras

Ini penjelasan dari Dinas Pertanian Propinsi NTT terkait dengan swasembada beras di NTT

Ini Dua Kabupaten di NTT Yang Sudah Mandiri Beras
Pos Kupang/Servan Mammilianus
Acara tanam perdana secara simbolis kedelai di Nangalili, Mabar pada Jumat (6/10/2017) 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Servatinus Mammilianus

POS KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Dari semua kabupaten/kota di Provinsi NTT, hanya ada dua kabupaten yang saat ini sudah menjadi daerah mandiri beras, yaitu Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) dan Rote.

Dua kabupaten itu sudah swasembada beras dan mensuplai beras ke sejumlah kabupaten lainnya.

"Hanya Manggarai Barat dan Rote yang saat ini mandiri beras di NTT. Di samping mandiri, juga mengirim beras ke gudang-gudang Bulog di kabupaten lainnya. Dua kabupaten itu sudah bisa menyiapkan beras untuk PNS, TNI, Kepolisian serta untuk megantisipasi terjadinya rawan pangan," kata Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Provinsi NTT, Robertus Onggo.

Dia hadir mewakili Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT, saat kegiatan tanam perdana kedelai dari anggaran APBN Perubahan 2017 di Nangalili, Mabar pada Hari Jumat (6/10/2017).

Dia menjelaskan, beberapa kabupaten, seperti Manggarai; Manggarai Timur; Ngada; Nagekeo dan lainnya, sampai saat ini masih sering mengalami kekurangan beras sehingga harus didatangkan dari luar.

"Setiap tahun NTT masih datangkan beras, antara 100 sampai 150 ton dari luar. Sedangkan Manggarai Barat dan Rote, sudah mandiri beras. Persoalan kita saat ini, yaitu kalau belum makan nasi dinilai sama dengan belum makan. Padahal sudah makan pangan lokal," kata Robertus.

Dia meminta agar masyarakat mengurangi konsumsi nasi dan meningkatkan konsumsi pangan lokal.

Ditambahkannya, beberapa kabupaten lain di NTT tidak stabil produksi padinya. Pada saat tertentu mengalami kelebihan namun kadang-kadang mengalami kekurangan.(*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help