Lagi, TKW Asal Indonesia Meninggal di Malaysia, Ada yang Tidak Wajar

Puluhan tetangga, kerabat, dan juga sanak keluarga yang sejak petang kemarin menunggu kedatangan, tak kuasa menahan sedih

Lagi, TKW Asal Indonesia Meninggal di Malaysia, Ada yang Tidak Wajar
KOMPAS.com/ Muhamad Syahri Romdhon
Sejumlah warga menggotong peti Jenazah Jubaedah dan memasukannya ke dalam rumah di desa Banjarwangunan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jumat malam (3/3/2017). Sanak keluarga histeris dan pinsan. Jubaedah dinyatakan meninggal dunia dalam kondisi tak wajar. 

POS KUPANG. COM, CIREBON – Jenazah Jubaedah, 38 tahun, Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang berkerja di Penang, Malaysia, akhirnya tiba di rumah duka di Desa Banjar Wangunan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jumat (3/3/2017) malam. Dia dinyatakan meninggal dunia dengan kondisi tidak wajar.

Puluhan tetangga, kerabat, dan juga sanak keluarga yang sejak petang kemarin menunggu kedatangan, tak kuasa menahan sedih. Mereka langsung berteriak dan menangis sesaat setelah petugas mengeluarkan peti yang berisikan jenazah.

Mereka beramai-ramai menggotong dan menyemayamkan di ruang tengah rumah. Tiga kerabat serta sanak keluarga langsung pingsan.

Sejumlah warga yang berdekatan langsung menolong dan membawa ke tempat yang lebih aman.

Suseno, staf bagian Perlindungan Kementerian Luar Negeri mengungkapkan, kematian jubaedah tidak wajar. Dua pelaku yang merupakan majikannya sudah ditahan.

“Yang jelas pelakunya ini sudah ditahan. Kematiannya tidak wajar. Suami istri (pelaku) sudah ditahan,” kata dia.

Seno mengaku belum banyak mengetahui detil kasus tersebut. Namun, dia memastikan, negara hadir, dan akan mengawal kasus kematian jubaedah hingga tuntas. Dia juga memikirkan nasib ke lima anaknya yang berstatus yatim piatu.

“Sudah kita kawal. Pemerintah selalu hadir, tidak sudah khawatir. Kelima kondisi anaknya pun kita pikirkan, tentunya sisa gaji, asuransi harus diterima (keluarga korban),” ujarnya.

Baca: TKI Dilarang Masuk Malaysia Bila Mengidap Empat Penyakit Ini

Jubaedah menjadi TKW di Penang Malaysia lebih dari satu tahun. Dia berangkat lantaran suaminya meninggal dunia pada tahun 2016 karena sakit.

Kematian Juju yang tak wajar ini membuat ke lima anaknya berstatus yatim piatu. Satu anaknya yang wanita sudah dewasa, sementara empat yang laki-laki masih remaja dan kecil. (kompas.com/Kontributor Cirebon KompasTV, Muhamad Syahri Romdhon)

Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved