KKB Papua

Penangkapan Oknum ASN Yahukimo Pemasok Senjata untuk KKB Papua Didukung Barang Bukti

Editor: Agustinus Sape
Satgas Nemangkawi menangkap sopir truk yang merupakan oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Yahukimo berinisial ES, pemasok senjata api ke KKB Yahukimo, Papua.

Penangkapan Oknum ASN Yahukimo Pemasok Senjata untuk KKB Papua Didukung Barang Bukti

POS-KUPANG.COM - Aksi kekerasan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua akhir-akhir ini ternyata tidak berjalan sendiri.

Senjata-senjata yang mereka miliki untuk melawan TNI dan Polri saat operasi ternyata dibekingi oleh pihak-pihak tertentu.

Yang memprihatinkan justru pihak-pihak yang membekingi adalah orang-orang yang dikenal sebagai abdi negara. 

Paling tidak hal ini terungkap setelah aksi kekerasan yang dilakukan KKB Papua saat insiden di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua baru-baru ini. 

Aparat gabungan TNI dan Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi bersama Polres Yahukimo, menangkap seorang oknum aparatur sipil negara (ASN) berinisial ES.

ES diduga merupakan pemasok amunisi untuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Rabu 22 September 2021.

Kapolres Yahukimo, AKBP Denny Hendriana menuturkan, ES ditangkap di jalan dan bukti-bukti kepemilikan amunisinya ditemukan di rumah yang bersangkutan.

"Kami tangkap ES di jalan jam 14.00 WIT, lalu setelah dilakukan pengembangan kami geledah rumahnya dan ditemukanlah amunisi dan magazin, ada juga barang bukti radio HT, komputer, printer, senjata tajam," ujar Denny lewat dawainya, Kamis 23 September 2021.

"ES adalah salah satu ASN Pemkab Yahukimo," lanjut Hendriana.

Halaman
123