KKB Papua

Berhasil Ringkus Gembong KKB Papua di Yahukimo, Ali Kabiay Beri Apresiasi ke TNI Polri

Setelah berhasil meringkus gembong KKB Papua di Yahukimo, prajurit TNI Polri menulai apresiasi publik. Semua senang karena keamanan di Papua membaik.

Editor: Frans Krowin
POS-KUPANG.COM/kolase foto
BERI APRESIASI - Pasca meringkus Kopi Tua Hiluka, gembong KKB Papua Yahukimo, TNI Polri mendapat apresiasi dari publik. Salah satu sosok yang mengapresiasi TNI Polri, adalah tokoh muda Papua, Ali Kabiay. Penangkapan itu membawa harapan baru akan damainya suasana kamtibmas di Papua. 

POS-KUPANG.COM - Setelah berhasil meringkus gembong KKB Papua di Yahukimo, prajurit TNI Polri menulai apresiasi publik. Publik gembira karena dengan penangkapan itu maka keamanan di Papua setidaknya perlahan membaik.

Salah satu figur muda yang juga angkat bicara terkait penangkapan gembong KKB Papua pada Jumat 19 Mei 2023, adalah Ali Kabiay.

Ali Kabiay menyebutkan bahwa dengan ditangkapnya gembong KKB Papua tersebut, maka ada harapan baru masyarakat yang selama ini mendambakan situasi aman dan damai.

Dalam catatan aparat penegak hukum, Kopi Tua Hiluka atau PH telah melakukan sejumlah tindak kejahatan. Yang bersangkutan terlibat dalam peristiwa penyerangan terhadap masyarakat sipil dan anggota TNI-Polri di Kabupaten Yahukimo.

Ali Kabiay yang merupakan Sekretaris Barisan Merah Putih RI-Papua itu menyebutkan, penangkapan Kopi Tua Hiluka merupakan bukti prajurit TNI  Polri bekerja sangat optimal menjaga kedaulatan NKRI dan keamanan masyarakat.

Dalam catatan Ali Kabiay, Kopi Tua Hiluka telah melakukan tindakan kejam, yakni menyerang aparat TNI di Yahukimo yang mengakibatkan 1 anggota TNI meninggal dunia pada 4 November 2022.

Berikutnya, yang bersangkutan menyerang lagi anggota Polri yang mengakibatkan 1 orang anggota Polres Yahukimo meninggal dunia.

Bahkan Kopi Tua Hiluka juga melakukan penyerangan terhadap anggota Brimob Satgas Perevensif Damai Cartenz 2022 di jembatan Jalan Logpon Kabupaten Yahukimo yang membuat satu anggota Brimob gugur.

Pada 1 November 2022 silam, misalnya, secara berturut-turut juga Kopi Tua Hiluka melakukan tiga aksi kriminal yang berujung pada korban jiwa.

Dengan penangkapan itu, lanjut ALi Kabiay, pihaknya berharap agar aparat penegak hukum bisa mendapatkan nama oknum lainnya yang selama ini telah melakukan pelbagai tindakan kejam terhadap kemanusiaan.

"Semoga keterangan yang bersangkutan bisa membuka siapa-siapa saja yang menjadi pelaku dan terlibat dalam aksi-aksinya di Yahukimo selama ini," ujarnya.

Untuk diketahui, sampai saat ini KKB Papua tak pernah berhenti melancarkan aksi kejamnya. Baru-baru ini, membakar dua rumah, yang salah satunya ditempat Pendeta Loas.

Baca juga: Rumah Pendeta Loas Kogoya Dibakar KKB Papua, Sebby Sambom Klaim Siap Bertanggungjawab

Kasus tersebut kini sedang ditangani aparat penegak hukum. Namun publik berharap agar TNI Polri tetap memroseshukumkan Kopi Tua Hiluka agar yang bersangkutan mendapatkan sanksi hukum yang setimpal dengan perbuatannya. (*)

Ikuti Pos-Kupang.Com di GOOGLE NEWS

Sumber: Tribunnews
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved