Berita Manggarai Timur

Pemkab Manggarai Timur dan Manggarai Teken MoU Kerja Sama Daerah

Penandatanganan MoU ini oleh Bupati Manggarai Timur Agas Andreas,SH.,M.Hun dan Bupati Manggarai Hery Nabit, SE.,MA

Penulis: Robert Ropo | Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
TEKEN MoU - Kegiatan teken MoU antara Pemkab Manggarai Timur dan Pemkab Manggarai. Gambar diambil, Selasa 28 Maret 2023. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Manggarai Timur dan Pemkab Manggarai teken memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepakatan bersama tentang Kerjasama Daerah. 

Penandatanganan MoU ini oleh Bupati Manggarai Timur Agas Andreas,SH.,M.Hun dan Bupati Manggarai Hery Nabit, SE.,MA yang berlangsung di ruang rapat Bupati Manggarai Timur di Lehong, Selasa 28 Maret 2023 kemarin. 

Hadir dan menyaksikan penandatanganan itu, Dandim 1612 Manggarai, Letkol Arh Drian Priyambodo, SE, anggota DPRD Kabupaten Manggarai Timur, Tarsisius Syukur dan Ferdinandus Alfa, Sekda Manggarai Timur, Ir Boni Hasudungan Siregar, serta perwakilan pimpinan perangkat daerah dari dua kabupaten itu. 

Terdapat 11 ruang lingkup yang menjadi poin kerja sama antar kedua kabupaten yaitu, perencanaan pembangunan, pekerjaan umum dan penataan ruang, koperasi dan UKM, perdagangan, perindustrian, penanaman modal, kebudayaan, pariwisata, pertanahan, lingkungan hidup, dan kesehatan.

Baca juga: Yayasan Rupingh Flores Manggarai Timur Serahkan Aset Air Bersih, Bupati Agas Andreas: Terimakasih

Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas dalam sambutannya mengatakan, kerja sama itu diharapkan bisa menjadi ruang untuk saling belajar dan saling melengkapi dalam pelaksanaan pembangunan.

"Kita ini saudara dari rumpun yang sama. Sebagai saudara komunikasi adalah salah satu media pemersatu. Nota kesepakatan ini adalah bentuk komunikasi tertulis sebagai ruang untuk saling belajar dan saling melengkapi dalam pelaksanaan pembangunan," Ujarnya. 

Bupati Agas juga meminta para pimpinan perangkat daerah untuk segera menindaklanjutinya atas Kerjasama Daerah itu.

"Saya minta pimpinan perangkat daerah segera tindaklanjuti MoU ini dan memanfaatkannya secara maksimal. Diantaranya seperti uji KIR pada Dinas Perhubungan dimana selama ini uji KIR kendaraan dari Manggarai Timur dilakukan di Kabupaten Sikka, sekarang sudah bisa dilakukan di Ruteng. Kerjasama ini pastinya banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dan kita bagi-bagi hasil dari dua kabupaten ini,"ujarnya.

Bupati Manggarai, Hery Nabit, SE, MA dalam sambutannya, menyampaikaj, kerja sama ini merupakan bentuk dari saling mengisi keterbatasan dalam pembangunan.

Baca juga: Polres Manggarai Timur Tahan Pria Asal Ende, Diduga Rudapaksa Anak Dibawah Umur 

"Kami berkunjung ke Manggarai Timur karena kami menyadari bahwa kami memiliki keterbatasan sehingga harus dibangun kerja sama yang baik untuk saling mendukung dalam proses pembangunan. Dengan kerjasama ini  diharapkan akan ada pelayanan yang lebih baik yang disedikan oleh pemerintah untuk masyarakat di Manggarai dan Manggarai Timur,"ujarnya.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan pengelolaan aset air minum yang dibangun oleh Yayasan Rupingh Flores Manggarai Timur kepada Pemkab Manggarai Timur

Jaringan air minum yang dihibahkan terdiri dari air baku Wae Monda 1 dan Wae Monda 2 yang terletak di Golo Meleng Kecamatan Ranamese. Juga diserahkan jaringan pipa transmisi, distribusi dan pelayanan dari air baku Wae Monda hingga Jawang Desa Golo Kantar dengan ukuran pipa 2.5 inchi sampai dengan 1 inchi. (rob)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved