Berita Unwira

KKN Unwira Bantu Mahasiswa Jumpai Realitas di Lapangan, Utus 17 Orang ke Maubeli

Program KKN dicanangkan dengan tujuan untuk melatih dan membantu para mahasiswa untuk berjumpa realitas di lapangan.

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/HO-UNWIRA/FURI
PERTEMUAN - Para mahasiswa KKN Unwira pertemuan terbatas yang dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Maubeli, pada Kamis, 18 Januari 2023 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Asti Dhema

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kuliah Kerja Nyata membantu mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira / Unwira Kupang menjumpai realitas di lapangan dengan mengutus 17 orang ke Kelurahan Maubeli.

Acara pelepasan yang dilakasanakan di Aula Immaculata Unwira oleh Rektor Unwira Pater Philipus Tule, SVD. Dalamnya sambutannya mengemukakan, program KKN dicanangkan dengan tujuan untuk melatih dan membantu para mahasiswa untuk berjumpa realitas di lapangan.

Kegiatan yang berlangsung selama satu bulan. Dimulai pada 17 Januari sampai dengan 17 Februari 2023. Dari jumlah peserta tersebut, 17 orang diutus ke Kelurahan Maubeli, salah satu Kelurahan yang terletak di Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Baca juga: Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Kupang di Desa Noelbaki Laksanakan Kegiatan Amancalistung

Setiap kelompok diutus dengan mengusung Tema Utama yakni, “Penguatan Ekonomi dalam Menghadapi Inflasi” dan setiap kelompok dibekali dengan tiga program utama yakni: Pertama, Penguatan Ekonomi; Kedua, Pendidikan; ketiga, Penerapan Teknologi.

Dari tiga program yang ditetapkan tersebut, setiap kelompok kemudian menyusun kegiatan yang lebih spesifik dan tentunya disesuaikan dengan kondisi lokasi KKN, serta dikolaborasikan dengan program kerja yang ada di Kelurahan/Desa dan diharapkan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: Mahasiswa KKN Unwira Identifikasi Masalah dan Potensi Desa Umatoos Malaka

Di bawah pimpinan Apryanus Fallo, S.E., M.M., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) 17 orang di antar menuju Kelurahan Maubeli dan tiba di lokasi pada Rabu, 17 Januari 2023 pukul 18:30 wita dan disambut langsung oleh Lurah Maubeli, Simon Kapitan, beserta Sekertaris Lurah dan Kabid Ekonomi Pembangunan, Wilhelmina Lerek dan Polisi Babinkamptimbnas.

Dalam pertemuan terbatas yang dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Maubeli, pada Kamis, 18 Januari 2023, mengatakan bahwa kondisi kelurahan Maubeli cukup kondusif.

“Kami sudah sering menerima peserta KKN dari Undana, Poltek, dan Unimor. Dan baru kali ini, kami kedatangan mahasiswa dari Unwira. Jadi, inilah kondisi kami, mungkin teman-teman akan menemui kendala di lapangan, maka kita akan cari jalan keluar bersama-sama”.ujar Simon.

Pada periode KKN Semester Ganjil 2022/2023, Unwira Kupang melepas 638 orang mahasiswa yang dibagi dalam 40 kelompok dan ditempatkan di enam kabupaten yang tersebar di Pulau Timor. (dhe)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved