Pilpres 2024

Fajar Nursahid Beberkan Hasil Survei Terkini: Ganjar Urutan Teratas Anies dan Prabowo Bersaing Ketat

Fajar Nursahid, Direktur Riset dan Program Lembaga Riset dan Konsultansi Politik Algoritma membeberkan fakta hasil survei terkini yang dilakukannya.

Editor: Frans Krowin
POS-KUPANG.COM
HASIL TERKINI - Fajar Nursahid, Direktur Riset dan Program Lembaga Riset dan Konsultansi Politik Algoritma, membeberkan fakta terkini tentang hasil survei figur calon presiden untuk Pilpres 2024. Hasilnya, Ganjar teratas disusul Anies Baswedan baru Prabowo Subianto. 

POS-KUPANG.COM - Fajar Nursahid, Direktur Riset dan Program Lembaga Riset dan Konsultansi Politik Algoritma, membeberkan fakta tentang hasil survei figur calon presiden yang baru saja dilakukannya.

Dari survei tersebut, angka elektoral calon presiden cenderung tak banyak berubah seperti pada Desember 2022 lalu.

Nama-nama figur yang dijagokan pada Pilpres 2024 itu, tak banyak bergeser dari nama-nama sebelumnya. Bahkan tiga nama itu masih tetap bertengger pada posisi teratas sampai dengan saat ini.

Dari tiga nama tersebut, Ganjar Pranowo menempati urutan teratas dengan angka 25,1 persen.

Baca juga: Grace Natalie Sampaikan Ini ke Megawati: Maaf Bu, Kami Dorong Ganjar Pranowo Jadi Calon Presiden

Sedangkan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto bersaing ketat. mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengoleksi 18,7 persen dan Ketua Umum Partai Gerindra mengoleksi 16,6 persen.

"Angka elektoral capres cenderung tidak banyak berubah pascapenetapan partai politik peserta pemilu pada Desember lalu," ujar Fajar Nursahid.

MELOROT - Elektabilitas Prabowo Subianto kini semakin melorot dibanding Anies Baswedan yang terus membayangi Ganjar Pranowo. Kondisi ini bakal berlangsung hingga mendekati jadwal Pilpres pada 14 Februari 2023. Anies diramalkan bakal mengalahkan Ganjar pada Pilpres 2024 mendatang.
MELOROT - Elektabilitas Prabowo Subianto kini semakin melorot dibanding Anies Baswedan yang terus membayangi Ganjar Pranowo. Kondisi ini bakal berlangsung hingga mendekati jadwal Pilpres pada 14 Februari 2023. Anies diramalkan bakal mengalahkan Ganjar pada Pilpres 2024 mendatang. (POS-KUPANG.COM)

Beriringan dengan itu, angka-angka elektoral tersebut masih dibayang-bayangi oleh potensi resistensi elektoral dari calon pemilih baik terhadap figur capres & cawapres maupun kepada partai politik.

Fajar Nursahid mengungkapkan fakta tersebut, dalam Rilis Hasil Survei Nasional, yang digelar di kawasan Jakarta Pusat, Senin 23 Januari 2023.

Selain tiga nama tersebut, lanjut dia, mencuat pula nama Ridwan Kamil dengan angka elektoral 7,2 persen serta Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono dengan angka sama 2,3 persen poin.

Berikutnya Andika Perkasa mendapat angka 1,6 persen, Erick Thohir 1,3 persen, Airlangga Hartarto 1,2 persen dan Khofifah Indar Parawansa 1,0 persen.

“Jarak dengan nama-nama di urutan bawahnya cukup besar,” ucap Fajar.

Baca juga: Megawati Diisukan Maju Jadi Calon Presiden,  Adi Prayitno: Kader PDIP Pasti Lipatgandakan Kekuatan

“Namun ada tingkat volatilitas kemungkinan berubah pilihan yang cukup signifikan terkonfirmasi pada nama-nama yang memuncaki elektabilitas, sehingga dinamika persaingan masih akan sangat terbuka,” lanjut dia.

Adapun survei Algoritma ini mengambil sampel 1.214 responden yang terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih. Hasil survei mewakili pendapat penduduk usia dewasa (usia pilih) secara nasional.

Margin of error: +/- 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pengumpulan data dilakukan pada 19 sampai 30 Desember 2022, melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner, dilakukan oleh 66 enumerator.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved