Berita Kota Kupang

Dosen FTP UKAW Latih Kaum Bapak Jemaat Genezaret Danau Ina Lasiana Budidaya Lele

Fakultas Teknologi Pertanian UKAW telah melakukan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat pada kelompok Kaum Bapak di Kelurahan Lasiana.

Editor: Alfons Nedabang
POS-KUPANG.COM/HO-JEMMY DETHAN
Pelatihan budidaya ikan lele dan aquaponik kepada Kaum Bapak GMIT Jemaat Genezaret Danau Ina di RT 28 RW 09 Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Fakultas Teknologi Pertanian UKAW telah melakukan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat pada kelompok Kaum Bapak GMIT Jemaat Genezaret Danau Ina di RT 28 RW 09 Kelurahan Lasiana Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang.

Kelompok Kaum Bapak memiliki empat sub kelompok, masing-masing beranggotakan 6-7 orang. Adapun kegiatan yang rutin dilakukan oleh anggota kelompok Kaum Bapak adalah kegiatan ibadah.

Selama ini belum ada aktifitas lain untuk memanfaatkan waktu luang yang dimiliki Kaum Bapak. Oleh karena itu, dengan diinisiasi oleh para dosen di FTP UKAW melakukan demonstrasi plot dan pelatihan budidaya ikan lele serta aquaponik dengan tanaman kangkung.

Dosen FTP UKAW yang terlibat, yaitu Marten L Lano, Marthen Makaborang dan Jemmy JS Dethan. Mereka dibantu sejumlah bahasiswa, di antaranya Diana Ndaporaka, Febby A Leng, Robi J Tonfanus dan Yuntri H Poli.

Dalam keterangan tertulis yang dikirim Jemmy JS Dethan kepada POS-KUPANG.COM, dijelaskan bahwa kegiatan berlangsung pada 3 Desember 2022, diikuti oleh 21 peserta.

Dalam kegiatan tersebut, diberikan penyuluhan dan pelatihan serta transfer pengetahuan dan keterampilan tatalaksana budidaya ikan lele dalam ember, pemilihan jenis pakan sesuai usia ikan, pergantian air, syarat dan teknik panen, teknik membuat kaitan penyanggah cup media tanam.

Baca juga: FTP UKAW Kupang - SMK Negeri Raihat Belu Kerja Sama, Siswa Praktek di Kampus

Baca juga: Kerja Sama dengan SMKN Raihat, FTP UKAW Bertekad Angkat Produk Lokal di Perbatasan RI-RDTL

Selain itu, pembuatn media tanam dari bokhasi padat, pengetahuan sederhana tentang komponen biaya dan analisis untung rugi, pelatihan mecampur larutan gandasil D, pengenceran larutan dan pengaplikasian pada tanaman.

Wakil Ketua Majelis Jemaat Genezaret Danau Ina, Bapak Pdt Erens Fanggidae STh menyampaikan terima kasih kepada dosen dan mahasiswa FTP UKAW yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Terima kasih juga disampaikan kepada Ketua BP Kaum Bapak GMIT Jemaat Genezaret Danau Ina, Absalom Samuel Pada.

Setelah pelatihan diserahkan pada mitra empat unit sarana budidaya ikan dalam resevoir kecil, bibit ikan lele, pakan ikan untuk berbagi usia pertumbuhan, bibit-bibit tanaman, pupuk NPK, pupuk gandasil-D dan sarana lainnya.

Penyerahakan bantuan paket teknologi budikdamber dan akuaponik dilakukan oleh Wakil Rektor III UKAW Dr Filmon Polin, SH, MHum kepada Absalom Samuel PAda.

Selain menyampaikan terima kasih, Absalom berharap kerjasama kemitraan ini dapat berlanjut dengan kegiatan lain yang dapat menunjang kegiatan yang baru saja dilakukan.

Ia juga berharap, kegiatan ini dapat diduplikasi oleh kelompok yang lain, agar terjadi alih pengatahuan dan keterampilan guna meningkatkan peran ibu-ibu dalam rumah tangga. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved