Breaking News:

Berita Manggarai

SMPN 3 Wae Ri'i Panen Hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan kegiatan kurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/CHARLES ABAR
PANES - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai Fransiskus Gero saat melihat hasil karya siswa-siswa SMPN 3 Wae Ri'i sebagai implementasi dari kurikulum merdeka di Ruangan Kelas, pada Jumat 2 Desember 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Charles Abar

POS-KUPANG.COM, RUTENG - Sebagai implementasi dari kurikulum Merdeka, Sekolah Menengah Pertama Negeri SMPN 3 Wae Rii, Welong, menggelar panen hasil proyek penguatan profil pelajar Pancasila yang melibatkan guru dan siswa pada Jumat 2 Desember 2022.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan kegiatan kurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan oleh  Kepmendikbudristek.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dirancang terpisah dari Intrakurikuler. Dengan  tujuan, muatan dan kegiatan pembelajaran Projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Bahkan satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat untuk merancang dan menyelenggarakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Baca juga: Peringati HMPI, PLN dan Warga Satarmese di Manggarai Galakkan Pengembangan Hutan Ekonomi

Di SMP Negeri 3 Wae Rii pada tahun pelajaran 2022/2023 telah mulai mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang mana Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini merupakan bagian yang tak terpisahakan dari struktur kurikulum merdeka.

SMP Negeri 3 Wae Rii di awal tahun pelajaran 2022/2023 telah merancang dan melaksanakan kegiatan ini sesuai dengan tema-tema yang ditetapkan oelh Kemendikbudristek.

Dari 7 Tema yang ditetapkan bagi jenjang SMP, SMP Negeri 3 Wae Rii telah memetakan dan menentukan 3 tema yang akan diimplemetasikan dalam kegiatan projek Penguatan Profil pelajar Pancasila, yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, dan Bangunlah Jiwa dan Raganya.

Para guru sebagai pendamping kegiatan membuat pemetaan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan Karakteristik SMP Negeri 3 Wae Rii serta kemampuan dan kebutuhan peserta didik di lembaga pendidikan ini.

Baca juga: Kejari Manggarai Selesaikan Tiga Kasus Pidana Ringan Melalui Pendekatan Restorasi Justice

Penentuan tema dan pelaksanaan kegiatan Projek tetap mengacu pada dimensi, elemen, dan sub perkembangan Profil Pelajar Pancasila serta prinsip-prinsip dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang Holistik, Kontekstual, Berpusat Pada Peserta Didik, dan Eksploratif. Kegiatan-Kegiatan yang dilakukan merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Kepala SMN3 Wae Rii Tobias Real pada momen sambutan menyampaikan, implementasi penerapan kurikulum merdeka di SMPN 3 Wae Rii dengan menerapkan tema sesuai dengan kodisi lingkungan yang ada.

Tema itu seperti penataan lingkungan sekolah, penguatan nilai-nilai budaya tentang kearifan lokal serta kesehatan jasmani dan rohani.

"Hari ini kami gelar karya dengan memetik hasil dari projek yang kami jalankan selama ini," ungkap Kepsek Tobias

Sementara itu, Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai Fransiskus Gero, Spd mengapresiasi atas kinerja positif yang dilakukan oleh lembaga SMPN 3 Wae Rii.

Lebih lanjut Kadis Frans, pemerintah kabupaten Manggarai melalui dinas Pendidikan akan memberikan penghargaan bagi yang memang layak karena berprestasi. Untuk itu semunya punya kesempatan yang sama untuk melahirkan karya yang terbaik bagi dunia pendidikan tanpa memandang latarbelakang, atau sekolah di kota dan di desa.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved