Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Sabtu 3 Desember 2022, Pergilah ke Seluruh Dunia dan Beritakanlah Injil

Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RD. Ambros Ladjar dengan judul Pergilah ke Seluruh Dunia dan Beritakanlah Injil.

Editor: Agustinus Sape
FOTO PRIBADI
RENUNGAN - RD. Ambros Ladjar menyampaikan Renungan Harian Katolik untuk hari Sabtu 3 Desember 2022 dengan judul Pergilah ke Seluruh Dunia dan Beritakanlah Injil. 

POS-KUPANG.COM - Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RD. Ambros Ladjar dengan judul Pergilah ke Seluruh Dunia dan Beritakanlah Injil.

RD. Ambros Ladjar menulis Renungan Harian Katolik ini dengan merujuk bacaan pertama 1Korintus 9:16-19, 22-23, dan bacaan Injil Markus 16:15-20; Pesta Santo Fransiskus Xaverius, Imam dan Pelindung Karya Misi (1506-1552).

Di akhir Renungan Harian Katolik disediakan pula teks lengkap bacaan Sabtu 3 Desember 2022 beserta mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil.

Menarik jika kita membaca kisah hidup Santo Fransiskus Xaverius yang dipestakan hari ini. Dia lahir di Spanyol tahun 1506. Pada saat berusia 19 tahun dia belajar di Paris dan di sana dia bersahabat dengan Ignatius de Loyola.

Tanggal 15 Agustus 1534 bersama 6 orang teman lain mereka mempersembahkan diri kepada Allah. Inilah cikal bakal berdirinya Serikat Yesus (Societas Jesu) itu.

Kemudian mereka ke Roma dan menawarkan jasanya kepada Paus dan tahun 1537 Fransiskus Xaverius ke Venezia dan ditahbiskan menjadi imam.

Empat tahun kemudian ia berangkat ke Asia sebagai utusan Paus di Timur Jauh. Selama 10 tahun dia bekerja di Goa dan Sri Lanka dan seterusnya dia berlayar ke Timur dan menetap beberapa bulan di Malaka.

Di situ dia belajar bahasa Melayu lalu ke Indonesia, Macau dan Jepang. Sejarah gereja di Indonesia mulai dari Maluku, Ternate, Tidore dan Morotai hingga misi Solor di Larantuka tak terlepas dari perhatian Fransiskus Xaverius.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Sabtu 3 Desember 2022, Menjadi Duta Tuhan Demi Kemuliaan NamaNya

Ketika hendak masuk ke Tiongkok ia meninggal dunia di Pulau Sanxia pada tanggal 3 Desember 1552. Oleh Paus Pius XI dia dinyatakan sebagai pelindung karya misi bersama SantaTheresia dari Lisieux.

Santo Fransiskus Xaverius adalah orang asing yang telah mewartakan Injil di daerah-daerah baru dan asing. Ia menjadi perintis jalan bagi para misionaris yang mendapat mandat misi Yesus yang sama kepada para bangsa.

Kita semua pun telah dipanggil Yesus untuk karya perutusan Injil yang sama biarpun beda situasinya.

Dalam mengemban amanat injil, kita telah dilengkapi Tuhan Yesus kuasa-Nya sama seperti para murid dulu. Bisa fasih bicara dalam berbagai bahasa, tak celaka biarpun minum racun maut, dapat menyembuhkan orang sakit, mengadakan mukjizat, dsb. Karunia karunia inilah yang dilimpahkan kepada para pemberita Injil.

Mewartakan Injil adalah suatu keharusan bagi setiap orang kristiani. Sama seperti pengalaman rasul Paulus dalam warta bacaan pertama.

Banyak orang yang berada di persimpangan jalan hidup. Terkadang juga begitu nekat mau mengakhiri hidupnya.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved