Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Kamis 1 Desember 2022, Melakukan Kehendak Bapa

Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh Ignasius TA dengan judul Melakukan Kehendak Bapa.

Editor: Agustinus Sape
YOUTUBE/KOMISI KOMSOS K. PADANG
IMAN DAN PERBUATAN - Ilustrasi Yesus dan para pengikutnya. Yesus bersabda, “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku, ‘Tuhan! Tuhan!’ akan masuk Kerajaan Surga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku di surga." 

POS-KUPANG.COM - Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh Ignasius TA dengan judul Melakukan Kehendak Bapa.

Pihak Ignasius TA menulis Renungan Harian Katolik ini merujuk bacaan pertama dari Yesaya 26:1-6, dan bacaan Injil Matius 7:21.24-27, Peringatan Beato Dionisius dan Redemptus, Biarawan dan Martir Indonesia.

Di akhir Renungan Harian Katolik ini disediakan pula teks lengkap bacaan Kamis 1 Desember 2022 beserta mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil.

Ada pepatah yang biasa kita jumpai dalam Kitab Suci, yaitu: "Iman tanpa perbuatan adalah mati." Pernyataan ini menggambarkan bahwa antara beriman dan tindakannya adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Apalah artinya beriman kalau perbuatan kita tidak sejalan dengan iman kita.

Hal ini hanya mau mengkritik paham atau ajaran yang mengatakan, "kita bisa selamat hanya dengan beriman saja. Dengan beriman saja sudah cukup untuk masuk surga."

Padahal, Yesus dengan sangat jelas mengatakan, "Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Surga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga" (Mat 7: 21).

Tekanannya pada, melakukan kehendak Bapa. Dengan demikian, beriman saja tidaklah cukup. Beriman membutuhkan dasar pijakan yang kuat, harus dihayati dengan baik, dan diamalkan dalam perbuatan kasih yang nyata.

Beriman bukan sekadar ucapan mulut, doa yang khusuk, ikut misa harian di gereja, mendengar kotbah yang baik dan indah, penampilan dengan pakaian yang mewah, melainkan pada apa yang kelihatan di dalam praktek hidup, atau melalui perbuatan keseharian kita.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Kamis 1 Desember 2022, Menata Hidup dengan Bijaksana

Di sinilah iman atau keyakinan kita akan menjadi nyata dalam perbuatan kasih dan kebaikan bagi sesama, untuk kemuliaan nama Tuhan.

Sejak dibaptis, kita telah memiliki iman akan Yesus yang pasti menyelamatkan kita. Sabda Yesus pada hari ini meneguhkan iman pengharapan, dan kasih kita, bahwa "iman tidak sekedar mendengarkan Sabda Tuhan, tetapi juga tekun melaksanakannya."

Marilah kita belajar dari penginjil Lukas yang mengatakan, "Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna, kami hanya melakukan apa yang harus kami lakukan", (Luk 17: 10).

Allah pun bekerja untuk mendatangkan rahmat dan kebaikan bagi orang yang dikasihi-Nya, apalagi kita sebagai wujud balasan kasih kita kepada-Nya, memang kita harus bekerja, "...Baik sekali perbuatanmu itu, hai hamba yang baik, engkau telah setia dalam perkara kecil, karena itu terimalah kekuasaan atas sepuluh kota", (Luk 19: 17).

Semoga kita selalu ingat bahwa kita adalah orang beriman yang mampu mendirikan "rumah iman yang kokoh" melalui perkataan dan perbuatan yang nyata dalam kehidupan kita sehari-hari.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Rabu 30 November 2022, Andreas, Penghantar kepada Tuhan

Marilah berdoa :

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved