Prakiraan Cuaca NTT

Cuaca Maritim NTT 30 November 2022,BMKG:Waspada 6 Perairan NTT Berpotensi Gelombang Tinggi 2,5 Meter

Info terbaru Cuaca Maritim NTT hari ini, Rabu 30 November 2022, BMKG: Waspada 6 Perairan NTT berpotensi gelombang tinggi 2,5 Meter

Penulis: Adiana Ahmad | Editor: Adiana Ahmad
tirto
Cuaca Maritim NTT 30 November 2022/ Ilustrasi gelombang tinggi - Cuaca Maritim 30 November 2022, BMKG: Waspada, 6 Perairan NTT ini berpotensi gelombang tinggi 2,5 Meter 

POS-KUPANG.COM - Waspada, ada peringatan dini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) terkait Cuaca Maritim NTT Rabu 30 November 2022. Dalam rilisnya di laman bmkg.co.id, BMKG mengingatkan operator kapal, nelayan dan masyarakat di pesisir pantai untuk mewaspadai potensi gelombang tingginggi di 6 Perairan NTT hari ini. 

Disebutkan BMKG, 6 Perairan NTT yang berpotensi gelombang tinggi hari ini yakni; Perairan Selatan Banten hingga Pulau Sumba, Samudera Hindia Selatan Jawa hingga NTT, Selat Sumba, Perairan Pulau Sawu hingga Rote, Laut Sawu dan Laut Timor. 

Kondisi gelombang tinggi tersebut, menurut BMKG, sangat berisiko bagi pelayaran terutama perahu nelayan dan kapal tongkang.

Karena itu, BMKG menghimbau operator kapal dan nelayan untuk waspada dan memperhatikoan kondisi gelombang sebelum memutuskan untuk berlayar. 

Baca juga: Cuaca NTT 30 November 2022, BMKG: Bibit Siklon 90W Picu Hujan Petir di NTT Hari Ini

Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk memperhatikan pola angin. 

Pada hari ini pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Utara - Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya – Barat Laut  dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Perairan Kep. Aru, Perairan Amamapare – Agats, Perairan Merauke dan Laut Arafuru bagian timur.

Baca juga: Antisipasi Cuaca Ekstrem, Satlantas Polres TTU Gelar Patroli dan Beri Himbauan Kepada Masyarakat 

Area Perairan Dengan Gelombang Sedang (1.25 - 2.50 m)

PERAIRAN BARAT ACEH

PERAIRAN BARAT P. SIMEULUE HINGGA KEP. MENTAWAI

PERAIRAN ENGGANO HINGGA BARAT LAMPUNG

SAMUDRA HINDIA BARAT SUMATRA

SELAT SUNDA BAGIAN BARAT DAN SELATAN

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved