Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Selasa 29 November 2022, Hidup Damai

Renungan Harian Katolik berikut diambil dari Dei Verbum Inspirasi Hidup dengan judul Hidup Damai.

Editor: Agustinus Sape
YOUTUBE/KOMISI KOMSOS K. PADANG
BERDOA - Ilustrasi Yesus berdoa. Pada waktu itu bergembiralah Yesus dalam Roh Kudus dan berkata, “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil." 

POS-KUPANG.COM - Renungan Harian Katolik berikut diambil dari Dei Verbum Inspirasi Hidup dengan judul Hidup Damai.

Pihak Dei Verbum Inspirasi Hidup menulis Renungan Harian Katolik ini dengan merujuk bacaan pertama dari Kitab Yesaya 11:1-10, dan bacaan Injil Lukas 10:21-24.

Di akhir Renungan Harian Katolik ini disediakan pula teks lengkap bacaan Selasa 29 November 2022 beserta mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil.

"Serigala akan tinggal bersama domba dan macan tutul akan berbaring di samping kambing.Anak lembuh dan anak singa akan makan rumput bersama-sama, dan seorang anak kecil akan menggiringnya. Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk" (Yes. 11:6,9).

Pada kisah penciptaan, Tuhan memberikan rumput sebagai makanan bagi semua hewan. Tidak ada darah yang ditumpahkan. Karena itu, gambaran dalam kitab Yesaya ini adalah gambaran hidup damai di gunung Tuhan. Tidak ada yang berlaku jahat; semuanya damai dan bersatu.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Selasa 29 November 2022, Aku Bersyukur kepada-Mu Bapa Tuhan Langit dan Bumi

Kedamaian tercipta ketika semuanya bersatu dan saling menerima serta menghargai satu sama lain. Sebaliknya, kejahatan itu muncul ketika yang satu ingin menguasai yang lain. Tuhan mengingingkan agar kita bersatu dan hidup damai. Meskipun susah dicapai, kita mesti tetap berusaha karena kedamaian itu menenangkan.

Dalam Injil, Yesus memuji Tuhan yang memperlihatkan kuasanya kepada orang-orang kecil. Mereka juga disebut berbahagia karena diperkenankan berada bersama Yesus, Mesias. Kebahagiaan kita adalah berada bersama Tuhan. Mari kita bersama-sama membangun hidup damai agar kita bisa merasakan kehadiran Tuhan.

Teks Lengkap Bacaan Selasa 29 November 2022

BACAAN - Ilustrasi Alkitab Katolik. Silakan membaca teks lengkap bacaan Renungan Harian Katolik Selasa 29 November 2022.
BACAAN - Ilustrasi Alkitab Katolik. Silakan membaca teks lengkap bacaan Renungan Harian Katolik Selasa 29 November 2022. (Tokopedia)

Bacaan Pertama: Yesaya 11:1-10

Ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan.

Bacaan dari Kitab Yesaya:

Pada akhir zaman sebuah tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. Roh Tuhan akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan Tuhan; ya, kesenangannya ialah takut akan Tuhan.

Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri. Ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik.

Ia tidak akan menyimpang dari kebenaran dan kesetiaan, seperti ikat pinggang yang terus terikat pada pinggang. Pada masa itu serigala akan tinggal bersama domba, dan macan tutul akan berbaring di samping kambing.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved