Prakiraan Cuaca NTT

Peringatan Dini Cuaca NTT,BMKG: Waspada! Hujan Daya Rusak Tinggi ( Downbrust ) Berpotensi Landa NTT

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait Cuaca NTT terbaru. Hujan dengan daya rusak tinggi ( Downbrust ) berpotensi landa NTT 7 hari ke depan

Editor: Adiana Ahmad
Kompas.com
Peringatan dini Cuaca NTT terbaru/ Ilustrasi hujan angin - Peringatan dini Cuaca NTT terbaru, BMKG: Waspada! Hujan daya rusak tinggi berpotensi landa NTT 

POS- KUPANG.COM, KUPANG -Ada peringatan dini Cuaca NTT terbaru dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ). BMKG menghimbau Warga NTT waspada hujan dengan daya rusak tinggi ( Downbrust ) berpotensi landa Wilayah NTT 7 hari ke depan mulai 25 November hingga 1 Desember 2022. 

Hal itu disampaikan Kepala Stasiun Metereologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Kupang, Sabtu 25 November 2022.

“Waspada terjadinya hujan yang di sertai angin kencang secara vertikal ke bawah dan memiliki daya rusak yang tinggi karena terjadi dengan kecepatan yang tinggi dalam durasi yang singkat atau downburst,” jelas Agung Sudiono Abadi.

Dikatakan Agung Sudiono Abadi, Downburst adalah kondisi angin kencang di sertai hujan secara vertikal ke bawah memiliki daya rusak yang tinggi terjadi kecepatan yang tinggi dengan durasi yang singkat.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Maritim 25 November 2022,BMKG: Ini 4 Perairan di NTT,Bali,NTB Patut Diwaspadai

Ia juga menyebut kondisi Cuaca NTT umumnya hujan ringan hingga hujan lebat yang dapat disertai petir angin kencang berdurasi singkat.

Sementara suhu udara berkisar dari 24 sampai 32’C dengan kelembaban udara berkisar antara 65 persen 95 persen. Sedangkan arah angin bervariabel dari barat daya sampai barat laut dengan kecepatan angin 10-30 km/jam.

Ia merinci prospek cuaca Pulau Timur umumnya cerah berawan hingga berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat yang di sertai petir  mulai 25 November sampai 1 Desember 2022.

Untuk Pulau Rote umumnya cerah berawan hingga berawan tebal dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di sertai petir pada periode yang sama.

Baca juga: Cuaca Hari Ini 25 November 2022, BMKG: NTT dan NTB Hujan Petir, Jatim, Bali, Jakarta Hujan Ringan

Sementara pulau Sabu umumnya berawan hingga berawan tebal dan berpotensi hujan ringan hingga sedang yang di sertai petir pada tanggal 25 sampai 28 November. Lalu di tanggal 29 November sampai 1 Desember 2022 umumnya cerah berawan hingga berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di sertai petir.

Begitupun di Pulau Sumba umumnya berawan hingga berawan tebal dan berpotensi hujan ringan hingga tebal di sertai petir pada tanggal 25 sampai 28 Novemeber. Lalu di tanggal 29 November sampai 1 Desember 2022 umumnya cerah berawan hingga berawan  dan berpotensi hujan ringan hingga sedang.

Sedangkan Pulau Flores umumnya berawan hingga berawan tebal dan berpotensi hujan ringan hinggap lebat di sertai petir pada tanggal 25 hingga 28 November nantinya. Lalu di tanggal 29 November sampai 1 Desember umumnya cerah berawan hingga berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di sertai petir.

Kemudian di Pulau Adonara, Pulau Solor dan Pulau Lembata umumnya berawan  sampai berawan tebal dan berpotensi hujan ringan hinggap lebat di sertai petir pada tanggal 25 sampai 28 November. Lalu di tanggal 29 November sampai 1 Desember umumnya cerah berawan hingga berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di sertai petir.

Sementara di Pulau Alor dan Pulau Pantar umumnya  pantar di prediksi berawan hingga berawan tebal dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di sertai petir di tanggal 25 hingga 28 November. Lalu cuaca cerah berawan hingga berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat yang di sertai petir terjadi di dua pulau ini di tanggal 29 November hingga 1 Desember nantinya. (Cr-18)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved