Seleksi PPPK 2022

Kabar Gembira bagi Guru Honorer,Mendikbud Nadiem Janji 600.000 Guru Honorer Jadi ASN Akhir Tahun Ini

Sebuah Kabar Gembira bagi Guru Honorer datang dari Mendikbud Nadiem Makarim. Nadiem Janji 600.000 Guru Honorer jadi ASN PPPK di akhir tahun ni

Editor: Adiana Ahmad
Nusantarapedia
600 Ribu Guru jadi ASN/ Guru Honorer melakukan aksi unjuk rasa - Kabar Gembira untuk para Guru Honorer, Mendikbud Nadiem Makarim janji 600 Ribu Guru jadi ASN di akhir tahun ini 

POS-KUPANG.COM - Para Honorer, ada Kabar Gembira untuk Anda dari Mendikbud Nadiem Makarim. Pada Akhir tahun ini atau akhir tahun 2022, ada 600.000 Guru Honorer menjadi Aparatur Sipil Negara ( ASN ) dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK ).

Kabar Gembira itu disampaikan Nadiem Makarim pada acara puncak peringatan Hari Guru Nasional 2022 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu 26 November 2022. 

Dalam pidatonya, Nadiem Makarim mengatakan, ribuan guru yang selama bertahun-tahun mengabdikan diri sebagai Guru Honorer saat ini bisa bernapas lega karena mendapatkan penempatan dan kesejahteraan yang lebih baik melalui skema ASN PPPK.

Pada kesempatan itu, Nadiem Makarim mengaku, persoalan Guru Honorer belum tuntas. Karena itu, pihaknya akan terus berjuang untuk Guru Honorer dengan catatan, harus mendapat dukungan para guru dalam bentuk karya dan inovasi.

Baca juga: KABAR BAIK untuk Honorer, Program Rekrutmen PPPK Guru Dapat Dukungan Pemda

Dengan demikian, kata Nadiem Makarim, Program Merdeka Belajar bisa menjadi sebuah gerakan, bukan hanya kebijakan.

Persoalan keberadaaan Guru Honorer memang menjadi persoalan pelik hingga saat ini. Mulai dari status hingga imbalan jasa yang tidak memadai.

Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) pada Peringatan Hari Guru Nasional 25 November 2022, mengungkapkan, kesejahteraan guru khususnya Guru Honorer masih jauh panggang dari api.

Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim mengatakan negara berutang besar kepada guru honorer yang berjumlah lebih dari 1 juta orang.

Baca juga: 4 Syarat Tenaga Honorer Bisa Diangkat jadi CPNS 2023, Umur dan Masa Kerja jadi Dasar Pertimbangan

Satriwan mengatakan, masih banyak Guru Honorer digaji jauh di bawah UMP/UMK daerah. Rata-rata Rp500 ribu-1 juta per bulan

Padahal, berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pasal 14: "Guru berhak memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial."

Satriwan mengatakan saat ini Indonesia tengah mengalami darurat kekurangan guru Aparatur Sipil Negara (ASN) di sekolah negeri.

Proses dan keberlanjutan pembelajaran di sekolah selama ini sangat ditopang oleh tenaga Guru Honorer. Sampai 2024, Indonesia membutuhkan 1,3 juta guru ASN di sekolah negeri. Pada 2021 saja Indonesia membutuhkan 1.002.616 guru ASN PPPK secara nasional.

"Tapi sialnya, hanya 293.860 guru yang lulus dan dapat formasi dari Pemda. Lebih mengenaskan, sebanyak 193.954 guru lulus tes PPPK namun tak kunjung mendapatkan formasi hingga November 2022 ini,” ucap Satriwan.

Menurut Satriwan, janji Mendikbudristek dan Menpan RB akan mengangkat 1 juta guru ASN PPPK tinggal janji saja.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved