Berita Kota Kupang

16.476 Masyarakat Kota Kupang Terima Bantuan BLT BBM, Bansos dan PKH

Pada 3 bantuan ini ada KPM yang mendapatkan BBM dan Bansos dan ada juga yang mendapatkan 3 bantuan sekaligus.

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/HO-DOK.PT POS INDONESIA
PENYALURAN - Penyaluran bantuan ke masyarakat di Kota Kupang melalui PT Pos Indonesia kantor cabang Kupang. Rabu 23 November 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG -16.476 Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) di Kota Kupang menerima bantuan BLT BBM, Bansos dan PKH Tahap II. 

Executive General Manager (EGM)  PT POS Indonesia Kantor Cabang Utama (KCU) Kupang Herryanto Spiro Gampamole menjelaskan pembayaran BLT BBM kali ini merupakan Tahap ke II, sementara Bansos sembako untuk Triwulan ke-4 dan bantuan PKH baru pertama disalurkan oleh PT Pos Indonesia. 

Menurutnya, penyaluran terhitung dari 21-22 November 2022. Tiga kecamatan di Kota Kupang dengan rincian,  Kecamatan Oebobo 2.425 KPM, Kelapa Lima dan Kota Lama 3.633 KPM sehingga total sudah 6.058 KPM terbayarkan.

Baca juga: HIPMI Kota Kupang Ajak Sikapi Kenaikan Upah Minimum Provinsi Secara Positif

“BLT BBM setiap KPM akan menerima bantuan sebesar Rp 300.000, untuk Bansos Sembako mendapatkan Rp 200.000 per bulan dan karena dibayar sekaligus 3 bulan maka KPM akan mendapatkan Rp 600.000," katanya, Rabu 23 November 2022. 

"Sedangkan untuk bantuan PKH masing-masing KPM berbeda-beda penerimaan uangnya karena ini bantuan untuk keluarga sehingga ada yang ibu hamil, anak sekolah, anak kuliah itu bantuannya berbeda-beda,” lanjut Herryanto. 

Dia menjelaskan, pada 3 bantuan ini ada KPM yang mendapatkan BBM dan Bansos dan ada juga yang mendapatkan 3 bantuan sekaligus. Semua ini tergantung pada data yang diterima PT Pos dari Dinas Sosial.

Untuk mekanisme pembayaran dia mengatakan, PT POS Indonesia memberikan jadwal pembayaran dari masing-masing kecamatan lalu penyiapan 3 tempat pengambilan bantuan di sekitaran halaman depan dan samping kantor Pos.

Baca juga: TPP Nakes di Kota Kupang Telah Dibayar Enam Bulan

“Jadi kita baginya perkecamatan dan berdasarkan jam-jamnya sehingga tidak terjadi penumpukan, ada 3 tenda berbeda yang disiapkan,” jelasnya. 

Salah seorang KPM, Maria Badj dari RT 16/RW 04 Kelurahan Lasiana mengaku bersyukur dengan bantuan ini. Dia merasa terbantu. Setidaknya bantuan ini bisa mencukupi kebutuhan harian hidupnya.

“Kita merasa baik karena Pemerintah telah memperhatikan kami masyarakat kecil, nilainya itu Rp 200.000 atau Rp 300.000 tapi kami merasa kecukupan,” kata Maria Badj.

Yohanes KPM lainnya menambahkan,  PKH digunakan untuk membantu keperluan sekolah anak-anak dan sebagai masyarakat kecil dia mengharapkan program bantuan ini tetap ada dan berkelanjutan.

“Harapan kami masyarakat Pemerintah yang sementara entah mau Jokowi diganti, tetap jalani bantuan. Kami masyarakat terbantu karena kebutuhan kami sulit dengan pekerjaan apalagi serabutan,” kata Yohanes. 

Diketahui, penyaluran BLT BBM dan sembako tahap I telah dilaksanakan pada bulan September 2022.

Pembayaran BLT BMM, Bansos dan PKH akan menyasar 16.476 KPM terbagi dalam 6 Kecamatan yaitu Alak jumlah KPM 4.318, Kelapa Lima dan Kota Lama 3,633 KPM, Kota Raja 2.124 KPM, Maulafa 3.530 dan Oebobo 2.425 KPM. Batas penyaluran bantuan tersebut hingga tanggal 10 Desember 2022. (Fan)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved