Berita Manggarai Barat

Objek Wisata Loh Buaya di Pulau Rinca Manggarai Barat Dibuka Kembali untuk Umum

Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) menutup sementara resort Loh Buaya di Pulau Rinca dari kunjungan wisatawan sebagai bentuk upaya penataan sarana

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO
DIBUKA- Resort Loh Buaya yang berada di Pulau Rinca kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) Kabupaten Manggarai Barat, NTT yang sempat ditutup saat ini telah dibuka kembali untuk umum 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Objek wisata Loh Buaya di Pulau Rinca kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) Manggarai Barat kembali dibuka untuk umum mulai Sabtu 1 Oktober 2022.

Selama ini, Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) menutup sementara resort Loh Buaya di Pulau Rinca dari kunjungan wisatawan sebagai bentuk upaya penataan sarana prasarana wisata alam di pulau yang juga menjadi habitat Komodo tersebut.

"Objek wisata Loh Buaya di Pulau Rinca saat ini telah dibuka kembali untuk wisatawan," ujar Pius Baut Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, saat dikonfirmasi Pos Kupang Sabtu 1 Oktober 2022 malam.

Pius menambahkan, objek wisata yang berjarak cukup dekat dengan Kota Labuan Bajo ini telah ditingkatkan sarana dan prasarananya oleh Kementrian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). 

Baca juga: Kunjungi Pulau Rinca, Ibu Negara Iriana Jokowi dan OASE KIM Tanam Kesambi dan Mangrove

"Ini sebagai bagian dari pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo,  wisatawan akan disuguhkan informasi interpretasi menarik mengenai keanekaragaman hayati di Loh Buaya, " jelas Pius Baut

Selain itu, lanjut dia, wisatawan yang berkunjung ke Loh Buaya Pulau Rinca juga akan dipandu oleh naturalist guide untuk menyusuri elevated deck sampai ke Niang Komodo (museum) dan akan kembali lagi ke dermaga.

Ia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat memberikan beberapa kelonggaran bagi pengelola tempat-tempat wisata atau dapat beroperasi dengan wajib menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat.

Pius Baut mengajak, wisatawan mancanegara dan domestik untuk berkunjung ke destinasi wisata yang berada di Kabupaten Manggarai Barat.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Penataan Kawasan di Pulau Rinca Taman Nasional Komodo

Wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo dapat menyaksikan berbagai macam destinasi wisata yang sudah terkenal.

"Masih banyak objek wisata di Kabupaten Manggarai Barat yang menarik untuk dikunjungi wisatawan," katanya.

Seperti diketahui, Resort Loh Buaya di Pulau Rinca baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis 21 Juli 2022 lalu.(*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved