Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Minggu 2 Oktober 2022, Berani Menderita dan Berkorban

Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RP. Markus Tulu SVD dengan judul Berani Menderita dan Berkorban.

Editor: Agustinus Sape
Foto Pribadi
RENUNGAN - RP. Markus Tulu SVD menyampaikan Renungan Harian Katolik untuk hari Minggu 2 Oktober 2022, dengan judul Y Berani Menderita dan Berkorban. 

POS-KUPANG.COM - Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RP. Markus Tulu SVD dengan judul Berani Menderita dan Berkorban.

RP. Markus Tulu SVD menulis Renungan Harian Katolik ini dengan merujuk Nubuat Habakuk 1:2-3;2:2-4; 2Timotius 1:6-8 13-14, dan bacaan Injil Lukas 17:5-10, Minggu Biasa XXVII

Di akhir Renungan Harian Katolik ini disediakan pula teks lengkap bacaan Minggu 2 Oktober 2022 beserta mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil.

 

Selamat Hari Minggu Biasa XXVII bagi kita semua.

Kita tentu saja mengakui bahwa "orang yang sombong tidak lurus hatinya." Tetapi "orang benar akan hidup berkat imannya."

Pernyataan ini sungguh mengundang kita kaum beriman untuk masuk ke kedalaman permenungan kita yakni pesan membangun hidup benar karena iman yang teguh dan tahan ujian.

Bahwa tidak mungkin orang benar itu bisa hidup teguh dan bertahan setia tanpa imannya yang menuntunnya kepada Allah.

Sebaliknya juga kita mengakui bahwa orang yang sombong tidak mungkin hidup dengan lurus hati. Mengapa demikian?

Karena memang kesombongan bertentangan secara mendasar dengan iman. Hidup beriman hanya terlukis indah pada hidup orang yang rendah hati.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Minggu Biasa XXVII 2 Oktober 2022, Kekuatan Iman

Di sinilah tempatnya yang tepat rasul Santo Paulus menegaskan kepada kita kaum beriman yakni "janganlah malu bersaksi tentang Tuhan."

Mengapa? Karena pesan seperti ini hanya pas disampaikan kepada orang yang rendah hati. Dan orang yang rendah hati itulah yang akan mengandalkan Allah dalam seluruh hidupnya dan dengan demikian niscaya dari dalam hatinya bangkit roh kekuatan, kasih dan ketertiban mewartakan Injil Allah.

Di sinilah tampak utuh gambaran hidup orang benar karena iman yakni tidak malu, tidak takut dan tidak gentar terhadap siapa pun dan kapan pun.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Sabtu 1 Oktober 2022, Jalan Kecil Masuk Surga

Orang-orang seperti ini hanya hidup dengan berani menderita dan berkorban. Karena mereka yakin bahwa dengan demikian mereka telah memiliki harta terindah di dalam hidupnya yakni Allah.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved