Berita Belu

APBD Perubahan Kabupaten Belu Tembus 1 Triliun

kesepakatan bersama Pemerintah dan DPRD Kabupaten Belu pada Sidang Paripurna Perubahan APBD 2022 telah ditandatangani.

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
TANDA TANGAN -Bupati Belu dan Wakil Ketua DPRD Belu menandatangani persetujuan bersama terhadap Ranperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022, Jumat 30 September 2022.  

Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG, ATAMBUA - Pemerintah Kabupaten Belu bersama DPRD Kabupaten Belu telah menandatangi berita acara persetujuan bersama terhadap Rancangan Peraturan Daerah atau Ranperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022.

Total APBD perubahan T. A 2022 sebesar Rp 926,580 M. Bila rencana pinjam daerah yang diajukan pemerintah senilai Rp 150 M sudah disetujui maka total APBD tembus 1 triliun rupiah. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Belu, Johanes Andes Prihatin, SE, M. Si saat dikonfirmasi Pos Kupang. Com, Sabtu 1 Oktober 2022 menjelaskannya, kesepakatan bersama Pemerintah dan DPRD Kabupaten Belu pada Sidang Paripurna Perubahan APBD 2022 telah ditandatangani. 

Baca juga: Jadwal Kapal Pelni KM Tidar 2-14 Oktober 2022, Ada 17 Rute, Singgahi Ambon, Sorong Hingga Manokwari

Rancangan APBD Perubahan 2022 yang diajukan pemerintah dengan postur pendapatan sebesar 926,580 M, berkurang sebesar 11, 707 M dari anggaran murni sebesar 938,288 M. 

Belanja sebesar Rp 1.108,374 M, bertambah sebesar Rp 139,666 M dari anggaran murni sebesar Rp 968,708 M. Pembiayaan Netto Rp 181,793 M bertambah sebesar 151,373 M dari anggaran murni sebesar Rp 30,419 M. 

Menurut Sekda, belanja mencapai 1 trilyun rupiah termasuk rencana pembiayaan kegiatan yang dibiayai dari pinjaman daerah ke Bank NTT sebesar Rp 150 M. 

"Ranperda Perubahan APBD 2022 yang telah disepakati ini selanjutnya akan dibawa ke Gubernur NTT untuk dievaluasi sesuai ketentuan peraturan yg berlaku", katanya. 

Untuk diketahui, Penandatangan berita acara persetujuan bersama Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Belu, Jumat 31 September 2022.

Baca juga: Polisi Tembak Warga Belu, Keluarga Kawal Kasus Kematian Gerson Yaris Lau

Sidang Paripurna dihadiri, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Belu, Bupati Belu, Wakil Bupati Belu, Sekretaris Daerah Kabupaten Belu, Staf Ahli Bupati Belu, Asisten Sekda Kabupaten Belu, Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Belu dan Insan Pers.

Pada kesempatan itu, Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp.PD-KGEH, FINASIM menyampaikan terima kasih kepada seluruh Anggota DPRD Belu yang telah mencurahkan segala perhatian, masukan dan kritikan yang telah diberikan dalam pelaksanaan Sidang Perubahan APBD Tahun 2022.

"Berbagai pertanyaan, pernyataan dan usul, saran serta kritikan yang disampaikan oleh segenap anggota dewan yang terhormat, pada saat Pandangan Umum, Rapat Komisi dan Rapat Badan Anggaran maupun pada Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Belu merupakan masukan yang sangat berharga bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Belu," ucapnya

Lanjut Bupati, masukan itu demi memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk hukum yang disetujui bersama antara Pemda dan DPRD Kabupaten Belu

Katanya, Ranperda Kabupaten Belu tentang Perubahan APBD Kabupaten Belu Tahun Anggaran 2022 akan dievaluasi oleh pemerintah provinsi NTT termasuk di dalamnya rencana pinjaman daerah yang diajukan oleh Pemerintah pada BANK NTT sebesar Rp150 M. (jen).

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved