Berita Sabu Raijua

Festival Kelabba Madja Sabu Raijua Dibuka Hari Ini 

Semua masyarakat sudah bersiap dan sudah dilakukan persiapan pertunjukan seni budaya maupun UMKM

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/GERADUS MAYELA
Gubenur NTT, Viktor Laiskodat bersama Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Nthanael Rihi Heke, saat Festival Kelabba Madja. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, SABU RAIJUA - Festival Kelabba Madja ke II Tahun 2022 di Desa Wadumadi, Kecamatan Haumehara, Kabupaten Sabu Raijua, NTT, siap dilaksanakan hari ini, Kamis, 29 September 2022.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Kelabba Madja 2022, John Wesli Haba menjelaskan, persiapan kegiatan berpusat di Desa Wadumadi, Kecamatan Haumehara sebagai destinasi wisata alam Kelabba Madja.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Festival Kelabba Madja 2022, John Wesli Haba, panitia membuka tujuh titik lokasi jelajah pesona Kelabba Madja.

“Kita tidak bisa hitung berapa persen tetapi semua sudah hampir mantap. Semua masyarakat sudah bersiap dan sudah dilakukan persiapan pertunjukan seni budaya maupun UMKM,” kata John Wesli Haba, Rabu 28 September 2022 dihubungi wartawan dari Kupang. 

Baca juga: Warga Sabu Raijua Keluhkan Pertamax Bercampur Air di SPBU Roboaba

Dari segi akomodasi, kata John, pihaknya telah berkoordinasi dengan otoritas berwenang untuk memastikan kesiapan. Panitia ingin wisatawan dapat berkunjung dengan memanfaatkan fasilitas yang telah disiapkan. 

Selain itu, panitia juga berkoordinasi dengan Dinas Kominfo untuk menambah daya jangkau jaringan, terutama di titik-titik kegiatan. Penambahan BTS itu untuk menunjang kelancaran festival itu. 

John Wesli Haba mengatakan masyarakat Kabupaten Sabu sudah menyiapkan rumah pribadi yang nantinya akan dipakai para tamu untuk tempat penginapan saat kegiatan. 

“Mereka siap sudah berikan lokasi kepada Pemerintah supaya bisa melayani para tamu juga, dan para jasa perhotelan maupun penginapan kita sudah rapat dengan bapak Bupati” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sabu Raijua,  Charles Meyok mengatakan meskipun kegiatan terpusat di Kelabba Madja  dengan menampilkan pameran UMKM dan atraksi budaya, akan ada jelajah pesona alam di tujuh titik wisata dengan menyuguhkan atraksi seni budaya.

Baca juga: Komitmen Tekan Stunting,Respon Wakil Bupati Sabu Raijua Yohanis Uly Kale Saat Lihat Anak-anak Sakit

“Walapun kegiatan terpusat di Kelabba Madja akan ada hiburan rakyat, pameran hasil ekonomi kreatif dan tracking lokasi wisata dengan berbagai macam atraksi budaya yang akan disuguhkan,” kata Charles Meyok.

Dia menyebut, segala bentuk promosi wisata sudah dilakukan. Tujuh titik wisata lokasi bersama Kelabba Madja merupakan satu paket wisata. Kedepan akan dirancang untuk pertunjukan atraksi budaya demi menarik kunjungan wisatawan.

Tujuh titik itu diantaranya pantai hela’u di desa Raimedia, Kampung Adat Namata, Gua Mabala, Kampung Adat Kujiratu, dan Pantai Nyiudu.

Setiap titik lokasi wisata yang dikunjungi akan ada penampilan bermacam atraksi budaya diantaranya Kuda menari, Gomaka/Permainan Gasing, Gulat Tradisional, Dayung Perahu serta dimeriahkan dengan artis Ibu Kota NTT Justyn Aldrin dan Totan Kribo. (Fan)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved