Berita Timor Tengah Utara

Anggota DPRD TTU Lakukan Ritual Adat Tsea Bife Fe’u di Desa Sekon 

anggota DPRD Timor Tengah Utara, Leonardus Nainobe, sebuah tradisi yang dilaksanakan oleh sepasang suami isteri

Penulis: Dionisius Rebon | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/DIONISIUS REBON
POSE BERSAMA - Pose Anggota DPRD TTU, Leonardus Naibobe beserta isteri dan anak-anaknya, Sabtu, 24 September 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dionisius Rebon

POS-KUPANG.COM, KEFAMENANU - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Timor Tengah Utara , Leonardus Naibobe, melakukan upacara adat Tsea Bife Fe’u di rumah adat Naibobe, Desa Sekon, Kecamatan Insana, Kabupaten TTU, NTT.

Upacara adat Tsea Bife Fe’u yang dilakukan anggota DPRD Timor Tengah Utara, Leonardus Nainobe, merupakan ritual adat yakni pemindahan seorang isteri dan anak-anak dari rumah adat sang isteri, masuk ke rumah adat suami.

Ritual Tsea Bife Fe’u yang dilakukan anggota DPRD Timor Tengah Utara, Leonardus Nainobe, sebuah tradisi yang dilaksanakan oleh sepasang suami isteri yang sudah tidak memiliki keturunan lagi.

Baca juga: Penyebab Purnawirawan TNI di Kabupaten Timor Tengah Utara Ditemukan Meninggal Dunia di Kebun

"Marga Naibobe itu, saat menikah tidak bisa dimasukkan ke rumah adat, tetapi mereka menunggu sampai yang bersangkutan tidak memiliki keturunan lagi baru mereka datang untuk proses dan masuk ke rumah adat," ujar Leonard saat diwawancarai POS-KUPANG.COM, Sabtu, 24 September 2022 lalu.

Dikatakan Leonard, setahun yang lalu, dirinya memproses upacara adat dari Marga Naibobe ke Noetnana-Naiboas di Desa Loeram. Pasca menyelesaikan upacara adat tersebut, Leonard kemudian memproses upacara adat pemindahan marga isteri dan anak-anak di Timor Leste.

"Kemarin saya di Timor Leste dan saya selesai proses adat di sana, kemudian mereka dinyatakan secara adat Timor Leste itu sah," ucapnya.

Leonard menuturkan bahwa, menurut adat-istiadat di Timor Leste, tidak ada istilah pembagian anak-anak dalam sebuah perkawinan antara seorang perempuan Timor Leste dan laki-laki di luar adat Timor Leste.

Baca juga: Tahun 2022 Polres Timor Tengah Utara Ungkap 3 Kasus Judi

Oleh karena itu, isteri dan seluruh anak-anak dari Anggota DPRD dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini diwajibkan masuk ke dalam marga Naibobe.

"Hari ini adalah upacara puncaknya untuk kemudian mereka ini disahkan menjadi keluarga Naibobe secara resmi," ujarnya.

Mereka (isteri dan anak-anaknya) dikukuhkan oleh seluruh kepala-kepala adat yang ada di Desa Sekon menjadi keluarga besar Naibobe. 

Sementara untuk Isteri dan anak-anak perempuannya, kata Leonard, sah menjadi  AINA NAPA (sebutan kebesaran bagi seorang wanita dalam suku besar Naibobe)

Ia menjelaskan bahwa, keluarga besar Naibobe yang ada di berbagai wilayah di daratan Pulau Timor turut hadir dalam momentum tersebut.

"Hari ini mereka bergembira karena anak-anak saya tidak dibagi,"tukasnya (*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved