Kuilner Khas NTT

Kuliner Khas NTT: Ikan Belang Kuning, Bikin Ikan Woku Khas NTT Rasa Kamangi Utan, Lecker Bro

Kali ini kitong coba satu resep ikan Kuliner Khas NTT dengan satu cita rasa spesial masakan dan makanan khas NTT.Ikan Woku  yang dipilih kali ini untu

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN
BELANG KUNING-- Ikan belang kuning saat di wajan Kuliner Khas NTT ikan woku kemangi hutan. Lecker, masakan ala Ferry Ndoen 

Laporan Wartawan Pos Kupang. Com Ferry Ndoen

POS-KUPANG.COM - Kali ini kitong coba satu resep ikan Kuliner Khas NTT dengan satu cita rasa spesial masakan dan makanan khas NTT.Ikan Woku  yang dipilih kali ini untuk dibuatkan ikan woku, adalah ikan belang kuning.Satu ekor ikan belang kuning di pasar harganya Rp 60 ribu ukuran sedang hingga Rp 100 ribu yang ukuran agak besar kurang lebih berat hingga 4 kg.

Setelah ikan Belang Kuning dibeli di TPI Pasar Oeba, Kelurahan Fatubesi, Kecamatan Kota Lama, KOta Kupang, ikan dbersihkan lalu dipotong atau diiris sesuai selesai.

Bisa dipotong belang dibagi untuk beberapa bagian, namun Ikan Belang Kuning juga bisa dibelah dengan sistem  ikan dikelurkan dagingnya lalu tinggal tulang yang nantinya bisa dipakai untuk kuah ikan.

Setelah ikan dipotong, kitong persiapkan bumbunya berupa daun prei, daun bawang, lombok besar, lombok kecil, bawang merah dan bawang putih.
Selain itu, kita siapkan  daun serei, jahe, tomat, lombok kecil. Semuanya diblender 

Bumbu disiapkan, lalu ikan dimasukan dalam panci masak atau tacu/wajan lalu tuangkan sedikit minyak goreng lalu setelah agak didih masukan semua bumbu ke dalam waja. Setelah itu, masukan daun kemangi Timor. Daun ini baunya agak kas membuat Ikan Woku  dari jenis ikan belang kuning rasanya dan wangi agak berbeda dibanding woku khas Manado. lain.

Setelah di masukan daun jeruk serta daun salam. Biarkan ikan mendidhn hingga harum dengan api pelan hingga kan woku Kuliner Khas NTT ini menjadi matang.Kuliner ikan woku khas NTT ala Ferry Ndoen ini siap untuk dinikmati dan disantap bersama keluarga atau tamu spesial Anda. (fen)

BELANG KUNING-- Ikan belang kuning saat di wajan Kuliner Khas NTT ikan woku kemangi hutan. Lecker, masakan ala Ferry Ndoen
BELANG KUNING-- Ikan belang kuning saat di wajan Kuliner Khas NTT ikan woku kemangi hutan. Lecker, masakan ala Ferry Ndoen (POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN)
Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved