Seleksi CPNS 2022

Seleksi CPNS 2022 Segera Dibuka, Tenaga Honor Jadi Prioritas, Formasi Guru Lebih Besar dari Non Guru

Seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) tahun 2022, akan segera dibuka. Pembukaan seleksi CPNS itu kemungkinan akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Editor: Frans Krowin
POS-KUPANG.COM
SELEKSI CPNS - Ilustrasi pelaksanaan seleksi CPNS. Tahun 2022 ini, pemerintah pusat dikabarkan lebih memrioritaskan tenaga honor untuk semua formasi. 

POS-KUPANG.COM - Seleksi CPNS 2022 ( Calon Pegawai Negeri Sipil ), akan segera dibuka. Sesuai rencana, pembukaan seleksi CPNS tersebut kemungkinan akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Jadwal Seleksi CPNS 2022 memang merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja di Tanah Air. Hanya saja, sampai sekarang pemerintah masih melakukan penjadwalan. Oleh karena itu para pencari kerja diharapkan bersabar menunggu pengumuman yang akan segera disampaikan oleh pemerintah.

Saat ini terbetik kabar bahwa dalam musim Seleksi CPNS 2022 ini, Badan Kepegawaian Negara ( BKN ) lebih memrioritaskan tenaga honorer dalam berbagai formasi.

Tenaga honor yang diangkat menjadi PPPK ( Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ) 2022, tidak hanya berasal dari profesi guru, tetapi juga tenaga kesehatan yakni perawat, Bidan, Dokter serta tenaga penyuluh.

Sedangkan untuk formasi PNS di Indonesia telah berkurang atau hanya berjumlah 20 persen dari total ASN saat ini.

Baca juga: Seleksi CPNS 2022 Dibuka Bulan Ini, Berikut 7 Golongan Tak Bisa Ikut Pendaftaran CASN 2022

Dengan demikian, sebanyak 80 persen dari total ASN yang tersebar di Tanah Air, akan diisi oleh tenaga PPPK yang direkrut tahun ini.

BKN sempat membocorkan informasi terkait jadwal seleksi pendaftaran CPNS dan PPPK tahun 2022 ini. Namun sampai saat ini belum ada informasi lebih rinci mengenai tanggal maupun alur pendaftaran CPNS dan PPPK 2022.

Dengan demikian, jadwal pendaftaran CPNS 2022 masih belum dipastikan walau pelaksanaannya sudah masuk dalam anggaran belanja pemerintah.

Peserta seleksi CPNS di lingkup Kemenkumham NTT yang mengikuti seleksi. Seleksi berlangsung di Hotel Kristal Kupang, Senin 13 Desember 2021.
Peserta seleksi CPNS di lingkup Kemenkumham NTT yang mengikuti seleksi. Seleksi berlangsung di Hotel Kristal Kupang, Senin 13 Desember 2021. (POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU)

Sesuai rencana, pemerintah akan membuka lowongan bagi CPNS tahun 2022 dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK untuk tahun anggaran 2022. Formasi yang disiapkan mencapai 1.086.126 formasi.

Banyaknya formasi tersebut memang masih simpang siur. Tapi prinsipnya, pemerintah akan segera melakukan seleksi CPNS tahun 2022 dengan memrioritaskan tenaga honor.

MenPAN-RB, Azwar Anas mengatakan mengatakan, angka formasi yang beredar saat ini merupakan usulan awal yang masih ada kemungkinan berubah lagi.

Bahwa usul yang diajukan untuk rekrutmen calon ASN tahun 2022 sebanyak 1.086.128 formasi untuk semua jabatan.

Dari total formasi yang akan dibuka untuk PNS tersebut, sebanyak 8.941 orang diperuntukkan bagi sekolah kedinasan. Sedangkan sisanya akan dibuka untuk PPPK.

Alokasi terbesar formasi PPPK akan terpusat di daerah. Untuk kategori guru, sebanyak 758.018 formasi dan jabatan fungsional sebanyak 184.239 formasi.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved