Pemilu 2024

Pemilu 2024, Bawaslu Sumba Timur Buka Pendaftaran calon Anggota Panitia Panwascam

sosialisasi rekrutmen ini telah dimulai sejak tanggal 10 September 2022 di media sosial, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi ke kecamatan

Penulis: Ryan Nong | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO-Bawaslu Sumba Timur
PENDAFTARAN- Suasana pendaftaran dan penerimaan berkas calon Panwascam di Kantor Bawaslu Sumba Timur, Rabu 21 September 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumba Timur  mulai membuka Pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan untuk Pemilu 2024.

Sebelumnya, sosialisasi rekrutmen ini telah dimulai sejak tanggal 10 September 2022 di media sosial, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi ke kecamatan-kecamatan pada 15-16 September 2022 untuk diteruskan ke kelurahan/desa setempat.

Menurut Ketua Bawaslu Sumba Timur Anwar Engga selaku Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Perekrutan Panwascam  menyebutkan sosialisasi telah dilakukan dengan memasang spanduk dan publikasi di media sosial. Hal ini dilakukan agar informasi mengenai perekrutan ini dapat dijangkau lebih luas.

“Langkah-langkah sosialisasi telah kita lakukan, berharap semakin banyak calon-calon yang mendaftar semakin bagus. Artinya pilihan kita semakin banyak dan tentu saja semakin banyak pilihan semakin berkualitas juga SDM (sumber daya manusia) yang bakal kita rekrut,” ujar Anwar Enga sebagaimana rilis Bawaslu, Rabu, 21 September 2022.

Anwar mengatakan, proses pendaftaran serta seleksi administrasi akan dilakukan hingga Oktober 2022 dan hasilnya rencana akan diumumkan pada 12 Oktober 2022.

Baca juga: Bawaslu Umumkan Tiga Komisioner NTT Untuk Lima Tahun Kedepan

Setelah seleksi administrasi, peserta akan mengikuti seleksi kompetensi berbasis komputer atau CAT (Computer Assisted Test) dan wawancara.

Hasil dari CAT akan diranking nilainya sebanyak enam tertinggi untuk pelaksanaan tes wawancara per kecamatan. 

Lanjut Kordiv SDMO ini, untuk tes tertulis dan wawancara dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, sehingga rentan waktu yang masih ada sampai tahapan pelaksanaan tes bisa dimanfaatkan oleh pelamar untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Calon Panwaslu Kecamatan akan mengikuti tes tertulis pada 14-16 Oktober 2022. Selanjutnya wawancara pada 18-22 oktober 2022. Sementara itu, pelantikan dan pembekalan untuk yang terpilih dilaksanakan pada 26-28 oktober 2022. 

Ia berharap semua bisa berjalan lancar dan menghasilkan Panwaslu Kecamatan seperti yang  diharapkan, dan proses penyelenggaraan demokrasi pemilu tahun 2024 bisa berjalan dengan damai jujur dan adil. 

Baca juga: Bawaslu Manggarai Seleksi Terbuka Calon Panwaslu Kecamatan

Untuk waktu pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran sambung Kordiv SDMO ini, mengacu pada hari kalender sehingga hari raya tetap melaksanakan aktivitas seperti biasanya.

Ia mengatakan, sesuai jadwal pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran yakni 7 hari mulai tanggal 21-27 September 2022, pukul 09.00 Wita sampai dengan pukul 17.00 Wita. 

Sementara untuk hari Minggu, Kelompok Pembentukan Panwascam (POKJA) tetap melaksanakan aktivitas penerimaan berkas pendaftaran. Khusus tanggal 27 September 2022 pendaftaran akan ditutup pukul 23.59 Wita. (Ian) 

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved