Berita Timor Tengah Utara

Dewan Juri Festival Desa Binaan dan PAD Bank NTT Tahun 2022 Nilai di Desa Humusu C-Wini

Dewan Juri Festival Desa Binaan dan Festival PAD Bank NTT yakni Pimpinan Bank NTT Cabang Kefamenanu, Fridolina M. M Faturene

Penulis: Dionisius Rebon | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/Dokumentasi Bank NTT Cabang Kefamenanu
PENILAIAN - Pose para dewan juri saat melakukan penilaian 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dionisius Rebon

POS-KUPANG COM, KEFAMENANU - Dewan Juri Festival Desa Binaan dan Festival PAD Bank NTT Tahun 2022 melakukan penilaian tahap pertama di Desa Humusu C- Wini Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT.

Tim Dewan Juri Festival Desa Binaan Perwakilan dan Festival PAD Bank NTT dari Bank Indonesia ini rela menempuh perjalanan jauh untuk memberikan penilaian, di Desa Humusu C- Wini pada, Rabu, 21 September 2022.

Turut ambil bagian dalam Dewan Juri Festival Desa Binaan dan Festival PAD Bank NTT yakni Pimpinan Bank NTT Cabang Kefamenanu, Fridolina M. M Faturene,S.E beserta jajaran.

Baca juga: Tahun 2022 Polres Timor Tengah Utara Ungkap 3 Kasus Judi

Saat diwawancarai, Juri Perwakilan dari Bank Indonesia, Handrianus Paulus Asa mengatakan, tujuan diselenggarakannya festival ini yakni meningkatkan perekonomian masyarakat desa yang multiply effect sehingga berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) masing-masing Kabupaten.

Dikatakan Handrianus, masing-masing Kantor Cabang Bank NTT menyiapkan 5 calon Desa Binaan yang akan diikutsertakan dalam Festival Desa Binaan dan PAD Tahun 2022 dengan total peserta menjadi 115 Desa Binaan.

Penilaian tahap 1 ini tidak hanya untuk UMKM tetapi juga tentang intervensi Bank NTT terhadap UMKM yang melibatkan BumDes dan desa (dana Desa) untuk meningkatkan PAD.

Sementara itu, Pimpinan Bank NTT Cabang Kefamenanu, Fridolina M. M. Faturene, S. E menerangkan, Desa Humusu C- Wini menjadi salah satu Desa Binaan Bank NTT Tahun 2022. Desa ini memiliki potensi pariwisata, dengan produk UMKM seperti abon ikan, teh kelor, minyak kayu putih, vco, minyak damian dan tenun. 

Baca juga: Plt Kadis PKO Sebut Tidak Ada Tunggakan Gaji Guru PTT di Kabupaten Timor Tengah Utara 

Ia menambahkan, Bank NTT Kantor Cabang Kefamenanu melakukan pendampingan kepada UMKM binaan di Desa Humusu C-Wini dengan membangun lopo bagi pelaku UMKM.

Hal ini bertujuan  agar lopo tersebut bisa menjadi tempat show case bagi produk-produk UMKM binaan Bank NTT Cabang Kefamenanu.

Dikatakan Fridolina, alasan mendasar Humusu C- Wini dipilih menjadi Desa Binaan Bank NTT Cabang Kefamenanu, karena merupakan salah satu destinasi wisata dengan pesona Laut dan pantai yang indah , serta merupakan perbatasan langsung dengan Timor Leste District Oecusse. (*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS 

 
 

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved