Berita Pendidikan

Pelajar SMA Belajar Teori dan Praktek di Kampus Prodi Fisika FST Undana 

Program Studi Fisika pada Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana melaksanakan Program Pengabdian Pada Masyarakat, Sabtu 17 September 2022.

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/ CHRISTIN MALEHERE
PRAKTEK - Para pelajar SMA mengikuti program pengabdian masyarakat berupa belajar teori dan praktek ilmu Fisika sederhana di Kampus Prodi Fisika FST Undana, Sabtu 17 September 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Program Studi Fisika pada Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana melaksanakan Program Pengabdian Pada Masyarakat, Sabtu 17 September 2022.

Pantauan POS-KUPANG.COM, Program Pengabdian Masyarakat mengundang empat sekolah di Kota dan Kabupaten Kupang.
Empat sekolah antara lain SMAN 4 Kupang, SMAN 1 Taebenu (Baumata), SMA St. Carolus Penfui, dan SMA Pandhega Jaya (Tilong).

Prodi Fisika juga mengundang mahasiswa dan alumni untuk memperkenalkan materi kewirausahaan berbasis teknologi.
Para pelajar SMA terbagi dalam beberapa kelompok mengikuti materi pada beberapa kelas secara bergantian.

Para peserta tampak serius mempelajari beberapa metode rangkaian Fisika sederhana yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Kepada POS-KUPANG.COM, Ketua Prodi Fisika Fakultas FST Undana Andreas Christian Louk, S.Si.,M.Sc. mengatakan Perguruan Tinggi punya Tridarma berupa Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat.

Andreas menambahkan terkait pengabdian kepada masyarakat, pihak kampus biasanya mendatangi masyarakat di lapangan.

Namun Prodi Fisika mengundang pelajar SMA ke kampus untuk pengenalan keilmuan Fisika dan metode praktek fisika sederhana.
Tujuannya untuk menumbuhkan minat dan bakat dari para pelajar untuk menyukai Fisika, setelah itu barulah tertarik untuk bergabung dengan Prodi Fisika FST Undana.

Terkait materi.yang disajikan dalam Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat berupa  microcontroller (pengendali mikro) untuk siswa SMA .
Pasalnya perkembangan ilmu Microcontroller yang berkembang menjadi teknologi sudah maju tapi untuk materi di SMA belum ada, sedangkan SMK pada jurusan eletronik pasti sudah ada.

Materi lainnya mengenalkan konsep fisika dengan konsep lebih mendetail dan Eksperimen fisika dengan simulasi pengenalan fisika sederhana terhadap fenomena fisika.
Salah satu pelajar, 

Salah satu pelajar dari SMA Pandhega Jaya, Salmon Jems mengatakan bahwa dirinya berkesempatan mempelajari ilmu baru metode fisika sederhana.
Bagi Salmon, ilmu tersebut baru dikenalinya sehingga awalnya merasa kesulitan, akan tetapi setelah mendapat penjelasan dari beberapa mahasiswa pembimbing barulah dia bersama teman-temannya dapat memahami pembelajaran tersebut.

"Mulanya cukup kesulitan karena baru saja mengenal tentang ilmu metode fisika sederhana, tapi setelah mendapat penjelasan barulah saya paham dan ternyata sangat mudah dipelajari," ungkap Salmon.

Dirinya berharap ilmu fisika yang baru dipelajari tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Deransius Dopo Mahasiswa Semester VII FST Undana, mengatakan Semua materi yang diberikan masuk dalam materi Fisika dasar, dan pelajar sangat antusias untuk belajar dan harapannya minat pelajar terhadap Fisika semakin bertambah sehingga akan melanjutkannya dengan bergabung di Prodi Fisika FST Undana.
Terkait ilmu Fisika konsepnya luas, ada yang mudah berdasarkan gambar, salah satunya Hukum Ohm beserta prakteknya. (CR14)

teori
PRAKTEK - Pelajar SMA mengikuti program pengabdian masyarakat berupa belajar teori dan praktek ilmu Fisika sederhana di Kampus Prodi Fisika FST Undana, Sabtu 17 September 2022
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved