Berita Kupang

Wabup Kupang Dampingi Gubernur NTT Panen Perdana Pembenihan Jagung Hibrida Program TJPS

bukan kerja biasa-biasa saja tetapi dikerjakan dengan luar biasa oleh para petani dalam usaha mengembangkan tanaman jagung.

Penulis: Edi Hayong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-DOK ISTIMEWA
PANEN PERDANA - Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe bersama Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, pimpinan OPD lingkup Pemkab Kupang bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan NTT termasuk kelompok tani pose bersama saat panen perdana jagung di Desa Oenesu tanggal 15 September 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM, KUPANGWakil Bupati (Wabup) Kupang Jerry Manafe turut serta mendampingi Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat panen perdana pembenihan jagung Hibrida Bima 14 Batara seluas 8 Ha di Desa Oenesu, Kupang Barat.

Panen ini sebagai bagian dari  pengembangan Program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) Pola Kemitraan yang dikerjakan Kelompok Tani Bunga Tani Sejahtera.

Disela-sela kegiatan panen perdana di Desa Oenesu pada Kamis 15 September Wabup Jerry Manafe mengapresiasi  para petani yang telah mengembangkan tanaman  jagung jenis ini dan telah memberi hasil positif.

Baca juga: Hasil Liga 3 El Tari memorial Cup, Jondri Penu Bintang Kemenangan PSK Kabupaten Kupang

Menurut Jerry Manafe, ini bukan kerja biasa-biasa saja tetapi dikerjakan dengan luar biasa oleh para petani dalam usaha mengembangkan tanaman jagung.

"Atas nama pemerintah dan warga Kabupaten Kupang saya ucapakan  terima kasih kepada Kelompok Tani Bunga Tani Sejahtera. Ini baik karena kita bisa panen bibit hibrida. Kita akan dukung lagi untuk dikembangkan menjadi 30 Ha dengan bantuan sumur bor,” ujar Jerry Manafe.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang ini menilai program TJPS yang dicanangkan pemerintah NTT saat ini, sudah berjalan baik di Kabupaten Kupang. 

Ia berpesan agar kedepan pengembangannya harus lebih luas lagi. Pasalnya wilayah Kabupaten Kupang memiliki lahan yang sangat luas dan kemauan petani untuk mengembangkan program TJPS juga tinggi.

"Kemauan kerja yang tinggi oleh petani maka kita bisa kembangkan TJPS di Kabupaten Kupang itu bisa mencapai 30.000 Ha sampai 60.000 Ha. Kita harus berani dan optimis untuk kelola lahan dengan luas seperti itu,” tantang Wabup Jerry kepada warga Kabupaten Kupang.

Baca juga: Tarif Angkutan di Kabupaten Kupang Resmi Naik

Untuk diketahui, jagung yang diproduksi tersebut awalnya ditanam menggunakan bibit varietas Bima 14 Batata dengan induk jantan jenis Mr 15 dan induk betina N5 juga dengan pola 1 Larik : 4 Larik. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved